Kejar Visi 2020, Ini Gebrakan Tiga Pilar

PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk memiliki misi 2020, yakni penjualan mencapai US$ 3 miliar untuk divisi pangan dan beras. Untuk mencapainya, pengembangan usaha tidak hanya secara organik tetapi juga lewat upaya anorganik. “Gebrakan yang kami lakukan antara lain, relaunching beras Maknyuss, dengan konsep produk dan cara berkomunikasi yang berbeda. Kami melakukannya lewat edukasi ke masyarakat tentang beras Tanpa 3P,” kata Joko Mogoginta, CEO Tiga Pilar.

Tiga Pilar juga membentuk jaringan pemasaran baru yakni Mitra Usaha Maknyuss (MUM). Tujuannya, untuk meningkatkan penghasilan konsumen dengan cara mengorganisir pembelanjaan beras Maknyuss di lingkungan sekitarnya (direct selling).

tiga pilar sejahtera

“Kami juga meluncurkan Mi Goreng Superior, mie goreng consumer pack pertama yang pernah ada. Kami juga relaunching Bihunku, alternatif bagi konsumen mi instan yang bahan bakunya impor untuk beralih ke bihun instan yang lebih sehat dan juga berbahan baku lokal,” kata dia.

Saat ini, total kapasitas produksi untuk Divisi Beras mencapai 480.000 ton pertahun. Sedangkan, untuk divisi pangan angkanya berbeda-beda antara satu produk dengan yang lain. Jumlah tenaga kerja di dua divisi ini sekitar 9.000 orang. Saat ini, produk Tiga Pilar sudah dipasarkan ke 26 negara tujuan ekspor.

Untuk memenangkan persaingan, lanjut Joko, Tiga Pilar fokus di jaringan distribusi dan pemasaran, branding, dan keunggulan ‎Unique Selling Value. Perseroan juga selalu menjaga dan meningkatkan kualitas produk dengan menerapkan Best Practice dalam Industri makanan, baik itu GMP (Good Manufacture Practices), HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point), SJH (Sistem Jaminan Halal) serta SMKP (Sistem Manajemen Keamanan Pangan) di semua pabrik yang ada.

“Kami juga terus melakukan inovasi dan memperluas jaringan distribusi dan pemasaran. Dengan membuka titik-titik distribusi baru. Tahun ini, dari titik distribusi 150-an menjadi 200-an kota,” kata dia.

Saat ini, Tiga Pilar bertumpu pada sektor makanan dan Beras. Merek-merek yang ada dibawahnya antara lain Superior untuk Bihun kering dan Mi Kering, Tanam Jagung untuk Bihun Jagung, Bihunku untuk Bihun instan, Ayam 2 Telor untuk Mi Kering, Taro untuk Snack ekstrusi, Mi Kremezz untuk Mi Snack, Gulas untuk permen Gula Asem, Biskuit Growie, Snack Sponge Crunch Bravo, Beras Ayam Jago, serta Beras Maknyus. (Reportase: Rizky C. Septania)

Baca juga: Transformasi Tiga Pilar Menuju World Class Company

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)