Kelas Go-Digital Gratis Bagi UMKM

Wetan Store, UMKM sepatu kulit lokal. (Dok. Tokopedia)

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama Tokopedia menggelar Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Program pelatihan digital ini ditujukan bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, yang memiliki usaha offline maupun online.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemkominfo RI, Basuki Y. Iskandar mengatakan, pelatihan tersebut dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul di era revolusi industri 4.0. Sebab, pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan memastikan keberadaan lapangan pekerjaan.

“Transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir. Targetnya untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030, maka Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi," ujarnya.

Pendaftaran DEA dibuka hingga 25 Oktober 2020, sedangkan pelatihannya akan berlangsung pada 2-13 November 2020. Peserta akan belajar tentang pengetahuan bisnis digital dan keterampilan untuk mengadopsi dan mengoptimalisasi teknologi ke dalam pengembangan usaha di dunia digital.

Bertemakan mengembangkan bisnis online sesuai kebutuhan pasar, materi pelatihan mencakup strategi sukses bisnis online di marketplace, pemasaran digital 101 dan tips membangun brand yang kuat. Berbagai materi edukasi ini akan disampaikan melalui serangkaian aktivitas virtual, termasuk webinar, belajar mandiri dan kelas di aplikasi pesan yang dipandu Tokopedia.

"Masyarakat, yang telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, bisa mendapatkan sertifikat," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Astri menegaskan, pelatihan ini dikhususkan untuk pelaku UMKM yang dibuktikan dengan Foto Produk (jika berjualan offline) atau screen capture sosial media/aplikasi (jika berjualan online) dan diupload dalam bentuk file PDF. Di sisi lain, Tokopedia telah menjadi rumah bagi lebih dari 9,2 juta pegiat usaha di Indonesia, yang hampir 100\%nya UMKM, bahkan 94\%nya berskala ultra mikro.

“Tokopedia terus berinovasi dan berkolaborasi bersama para mitra strategis demi mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha di Indonesia, khususnya selama pandemi," kata Astri.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)