Kembangkan Energi Terbarukan, Sampoerna Resmikan Dua PLTS Baru

Mengikuti langkah perusahaan induknya, Phillip Morris International (PMI), yang sedang gencar meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) juga ingin berkontribusi dalam mengembangkan bisnis yang ramah lingkungan salah satunya dengan memanfaatkan potensi tenaga surya. Sampoerna meresmikan dua PLTS di pabrik Karawang, dan Surabaya.

Mindaugas Trumpaitis, Presiden Direktur Sampoerna, mengatakan proyek tersebut diresmikan pada Bulan April 2017 yang akan disiapkan untuk pasokan jangka panjang hingga lebih dari 20 tahun ke depan. Pengembangannya sendiri telah dilakukan sejak tahun 2016, sebagai terobosan untuk pengembangan energi terbarukan di sektor swasta.

“Sistem pembangkit listrik tenaga surya on-ground di Karawang dibangun untuk secara langsung memasok listrik ke lini produksi sigaret kretek mesin. Berkapasitas 449 KWp, sistem ini dapat menghasilkan listrik sebesar 609 MWH per tahun. Selain itu, panel surya atap di Surabaya menghasilkan listrik yang disalurkan ke kantor dan fasilitas produksi sigaret kretek tangan berkapasitas 63 KWp yang menghasilkan listrik sebesar 93 MWH per tahun. Perpaduan kedua sistem tersebut akan mengurangi emisi karbon Sampoerna sebesar 603.479 kg per tahun,” jelas Trumpaitis.

Ia juga menjelaskan pengembangan PLTS ini bukan satu-satunya, mengatasi perubahan iklim dengan mengurangi emisi terkait bahan bakar fosil juga merupakan salah satu fokus PMI. Pada tahun 2015, lanjutnya, PMI berhasil mencapai 24 persen hingga melampaui target 20 persennya dalam mengurangi emisi terkait bahan bakar fosil dari pengoperasian produksi. PMI juga akan memasang target yang lebih tinggi agar PMI dapat mencapai 30% pengurangan jejak karbon di seluruh rantai nilainya pada tahun 2020.

“Sebagai bagian dari komitmen Sampoerna bersama dengan perusahaan induk, kami telah menerapkan Program Manajemen Energi untuk menyesuaikan dan fokus pada pengurangan konsumsi energi dan jejak kaki karbon kami. Sejak beberapa tahun yang lalu, PMI telah berinvestasi dalam jumlah besar untuk program penghematan energi dengan meningkatkan sistem utilitas, pencahayaan dan pemulihan panas, serta mode tidur diam untuk mesin, dan meningkatkan kesadaran karyawan terhadap program penghematan energi. Semua ini dilakukan di lokasi tempat PMI dan Sampoerna beroperasi,” ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)