Kemendag Optimalkan Perlindungan Konsumen untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Peran konsumen sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Badan Pusat Statistik (BPS)  menyatakan bahwa komponen konsumsi rumah tangga per Agustus 2020 mencapai 57,85 persen dari Product Domestic Brutto. “Konsumen memiliki peran penting agar ekonomi bangsa dapat terus meningkat. Hal ini membuat  perlunya penyeimbangan dengan perlindungan hak konsumen. Di situlah negara harus hadir,”

ucap Direktur Jenderal Perlindungan  Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Veri Anggrijono (2/11/2020) dalam peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020.

Dalam paparannya, Dirjen PKTN menyampaikan, Kemendag dalam pandemi Covid-19 ini, terus  memperkuat pelaksanaan perannya dalam perlindungan konsumen dari sisi pengawasan kegiatan  perdagangan dan barang beredar dan/atau jasa, edukasi melalui daring dan iklan layanan  masyarakat serta pengaduan konsumen.

“Perubahan pola perilaku perdagangan yang memanfaatkan sistem elektronik ini perlu didukung  oleh perlindungan hak konsumen, sehingga konsumen selalu percaya kalau transaksi yang  dilakukannya aman”,”ujar Veri.

Dalam perdagangan melalui sistem elektronik terdapat risiko yang mungkin terjadi dan dapat  merugikan konsumen. Oleh karena itu, tidak cukup hanya perlindungan konsumen yang dilakukan oleh pemerintah, namun juga perlu ada peningkatan keberdayaan konsumen.

Peningkatan pemahaman konsumen terhadap hak menjadi kunci penting untuk terciptanya  lingkungan transaksi perdagangan melalui sistem elektronik yang aman.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah terus berupaya meningkatkan implementasi Undang-Undang  Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam menyelesaikan berbagai persoalan  konsumen yang timbul. Pada tahun 2019, Indeks Keberdayaan Konsumen Indonesia adalah 41,70  atau baru berada pada level mampu. Pada level ini, artinya konsumen sudah mengenali haknya, namun belum terlalu aktif memperjuangkan hak-haknya sebagai konsumen.

Kemendag dalam melaksanakan kebijakan perlindungan konsumen, berkoordinasi dengan  berbagai instansi terkait, salah satunya adalah Badan Perlindungan Konsumen Nasional. Ketua  BPKN, Rizal E. Halim menyatakan, sesuai UU Perlindungan Konsumen, BPKN melaksanakan fungsi dengan memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah dalam upaya mengembangkan  perlindungan konsumen di Indonesia. Pelaksanaan fungsi ini dilakukan melalui memberikan wadah  untuk menindaklanjuti pengaduan konsumen sebagai dasar pemberian rekomendasi kepada pemerintah untuk dapat ditindaklanjuti.

“Peningkatan transaksi elektronik selama masa pandemi Covid-19, menambah risiko kerugian bagi  konsumen. Untuk itu, perlu ditingkatkan kesadaran konsumen dalam membela haknya melalui saluran pengaduan atau penyelesaian sengketa konsumen yang dibentuk oleh masing-masing  instansi pemerintah terkait seperti Kementerian Perdagangan”, ujar Rizal.

Tahun 2020, pengaduan perdagangan melalui sistem elektronik tercatat sebanyak 299, dengan pokok masalah yang diadukan adalah terkait kerugian dalam bertransaksi di e-commerce dan pokok masalahnya mayoritas mengenai phishing dan penyalahgunaan akun melalui  OTP.

Melihat dari peran penting konsumen, maka perlindungan konsumen oleh negara harus didukung  dengan sinergitas dari semua pemangku kepentingan. Peningkatan keberdayaan konsumen  menjadi kunci penting untuk terus membangun kepercayaan konsumen di Indonesia. Oleh karena  itu, melalui peringatan Hari Konsumen Nasional tahun 2020 diharapkan dapat menjadi pengingat  sekaligus memperkuat kedudukan konsumen sebagai penentu peningkatan ekonomi nasional.

Pada tahun ini, kegiatan puncak Hari Konsumen Nasional akan diselenggarakan pada tanggal 12  November 2020 yang akan diikuti oleh semua lapisan masyarakat secara daring. Dalam kegiatan  tersebut, akan dilakukan penyerahan penghargaan “Daerah Peduli Konsumen”. Selain itu, untuk  meningkatkan partisipasi masyarakat, dilakukan kompetisi virtual  run mulai tanggal 24 Oktober hingga 6 November 2020 dan pameran edukasi konsumen  secara virtual pada tanggal 12 November 2020.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)