Kemendag Salurkan Dana Rp5 Miliar Untuk Pengembangan Pasar Rakyat

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengucurkan bantuan sebesar Rp5 miliar untuk pengembangan pasar rakyat di Kota Tomohon, Sulawesi Utara pada tahun 2018 mendatang.

"Pak Menteri telah memberikan sinyal positif terkait dengan usulan bantuan tersebut," kata Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman di Jakarta (1/11/2017). Wali Kota menjelaskan, bantuan yang bersumber dari dana APBN yang sudah masuk untuk pasar di Kota Tomohon dimulai tahun 2012, 2015 dan 2016.

"Dalam proposal yang telah dikirim beberapa waktu lalu, Pasar Beriman ini akan dibangun dua lantai termasuk dengan fasilitas tempat parkir. Hal ini juga telah saya laporkan kepada Menteri dan beliau merespon dengan baik," tambah Jimmy. Dia berharap, bantuan yang diusulkan tersebut dapat terealisasi di tahun 2018 mendatang.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, setelah dilakukan revitalisasi pasar, penghasilan dan kenyamanan bertransaksi pedagang dan pembeli semakin baik karena tempat berjualan yang disediakan lebih representatif dan sehat.

"Pemerintah melalui dinas terkait selalu mengawasi kebersihan dan kelayakan tempat-tempat pedagang di pasar ini. Kami akan terus menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat agar dapat memberikan bantuan-bantuan sehingga pasar ini dapat menjadi lebih baik lagi ke depan," papar Jimmy. Menurutnya, sebanyak 400-500 wisatawan setiap harinya berkunjung ke Pasar Beriman.

"Jumlah pedagang saat ini yang terdata mencapai hampir 1.500 orang, dan masih ada juga yang berjualan di luar tempat yang disediakan. Kita berharap ke depan dengan tersedianya tempat berjualan dua lantai, pedagang bisa difasilitasi," ujar Jimmy.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)