Kemenkop UKM dan MNC Group Pacu Transformasi Digital UMKM

Kemenkop UKM dan MNC Group berkolaborasi untuk mengakselerasi transformasi digital UMKM. (Foto : Dok)

PT MNC Investama Tbk (BHIT atau MNC Group) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menandatangani nota kesepahaman sebagai komitmen bersama mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui inovasi dan transformasi digital, seperti layanan digital banking, pengembangan transaksi cashless, akses pembiayaan, ekspansi e-commerce, distribusi konten digital, dan lain-lain.  Berbagai program telah dan akan disusun bersama MNC Group untuk meningkatkan kemampuan digital UMKM Indonesia. Salah satunya melalui program acara Indonesian Authentic Merchant di MNCTV.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, menyambut inisiasi ini. “Kami mengapresiasi komitmen dan dukungan MNC Group untuk turut menggerakkan transformasi digital UMKM di Indonesia. Secara gabungan, UMKM menyerap sekitar 97% atau 117 juta tenaga kerja nasional, dan berkontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia,” ujar Teten dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Namun disayangkan, imbuh Teten, masih banyak sekali para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan terhadap akses perbankan. Untuk itu dia berharap agar kontribusi MotionBanking akan meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan peningkatan daya saing. “Ditambah lagi kerjasama lainnya dengan promosi melalui media dan e-commerce, yang merupakan keunggulan MNC Group. Dengan UMKM go digital, akan membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal,” ujar Teten.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan MNC Group ikut andil untuk mengakselerasi transformasi digital kepada 65 juta UMKM engan memanfaatkan kekuatan dan fitur teknologi perseroan di bidang media, jasa keuangan, dan e-commerce. “Kolaborasi SMESCO dengan MotionBanking akan mendorong proses bisnis yang lebih aman, produktif, dan efisien serta memberikan peluang untuk berkembang dengan bantuan pembiayaan,” sebut Hary. Selain itu, berbagai inisiasi dengan unit bisnis milik MNC Group diharapkan dapat membantu memajukan UMKM di Indonesia. “Kami yakin kolaborasi KemenKopUKM dengan MNC Group akan menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi pelaku UMKM dan menyebarkan dampak positif bagi jutaan masyarakat Indonesia melalui ekspansi digital,” ucapnya.

Untuk diketahui, sejauh ini UMKM di Indonesia seringkali menjadi sorotan dalam pembicaraan mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia. Pasalnya, sebagian besar pelaku usaha di Indonesia merupakan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah. UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian nasional dengan total 65.465.497 unit atau 99,99% pelaku usaha di Indonesia. Usaha mikro berjumlah 64.601.352 (98,7%),  usaha kecil 798.679, dan usaha menengah 65.465 unit.

Sebagai upaya untuk mengembangkan UMKM Indonesia agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, KemenKopUKM merasa perlu untuk mendigitalisasi UMKM. Masuknya para UMKM ke digital, bisa memperluas jangkauan pasar, tidak terbatas pada daerah sekitar, melainkan ke seluruh Indonesia hingga lingkup internasional. Selain digitalisasi di captive market, digitalisasi di layanan keuangan membuka alternatif untuk pembiayaan, memecahkan salah satu masalah utama yang dihadapi UMKM.

Adapun dukungan lainnya dari MNC Group pada UMKM ialah melalui MotionBanking, aplikasi perbankan digital dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dan MotionPay, aplikasi e-money, e-wallet, transfer digital dan transaksi QRIS, yang keduanya merupakan bagian dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP). Bakal dikembangkan ekosistem financial technology (fintech) bersama SMESCO Indonesia, lembaga resmi di bawah Kemenkop UKM, untuk mengembangkan UMKM.

Layanan perbankan digital dari MotionBanking ini akan menghubungkan para pelaku UMKM dengan berbagai kemudahan akses perbankan, termasuk pembiayaan, tabungan, deposito, kartu debit dan kartu kredit virtual.  Pelaku UMKM juga dapat menjadi agent network MotionBanking untuk turut berperan dalam user acquisition serta menjadi agen penjualan berbagai layanan keuangan digital yang disediakan MotionPay yang sering disebut sebagai payment point online bank (PPOB) dan a menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran offline di merchant.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)