Kemenperin Gandeng Ruangguru untuk Konten Video

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus menggenjot peningkatan kapasitas sumber daya manusia sektor industri melalui pemanfaatan teknologi informasi digital dengan menggandeng platform Ruangguru.

Dalam kerja sama ini, unit satuan kerja di Kemenperin akan membuat konten video mengenai peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia sektor industri, termasuk di dalamnya program vokasi, sosialisasi mengenai fasilitas pengembangan IKM, peningkatan keahlian dan kompetensi bagi pelaku IKM, serta beberapa materi dari workshop e-Smart yang kemudian akan diunggah pada platform Ruangguru.

Melihat bagaimana keberhasilan Ruangguru dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan dan sebagai platform pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, hal ini menjadi alasan yang kuat bagi Kemenperin untuk bermitra dengan Ruangguru.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan, kerja sama ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan ketersediaan pekerja dengan skill atau keterampilan tinggi untuk mendukung perubahan ke arah inovasi dan strategi manufaktur yang lebih tinggi. Dia mengharapkan, di masa mendatang  akan muncul juga konten-konten video atau ruang kelas di Ruangguru mengenai materi peningkatan kapasitas SDM untuk pelaku industri, dan aparat pembina, khususnya ASN Kemenperin.

“Selain meningkatkan kapasitas SDM sektor industri, sinergi antara Kemenperin dengan PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) juga akan dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Workshop e-Smart IKM. Materi-materi tersebut dapat berupa materi tentang kewirausahaan, pemasaran, maupun capacity building yang berkaitan dengan pembinaan sentra untuk Tenaga Penyuluh Lapangan IKM,” katanya.

Direktur Jenderal IKM, Gati Wibawaningsih, menambahkan, maksud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah untuk melakukan kerja sama di bidang penggunaan platform Ruangguru milik PT Ruang Raya Indonesia sebagai sarana berbasis teknologi dan pembuatan Konten Digital Pelatihan industri (KDPI) untuk penunjang pelatihan industri. “Kerja sama melalui pemanfaatan konten digital diharapkan dapat meningkatan efektivitas program pengembangan industri," ujar Gati.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi pembuatan KDPI yang mencakup video, soal, dan rangkuman, sebagai penunjang peningkatan kapasitas sumber daya manusia industri. Selain itu, pemanfaatan platform Ruangguru sebagai sarana pembelajaran online secara mandiri untuk pelaku industri, serta sosialisasi dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) terkait dengan pemanfaatan platform.

Sementara itu, Belva Devara, CEO Ruangguru, berpendapat, kemitraan ini adalah kesempatan baik bagi Ruangguru untuk berkontribusi dalam memajukan perindustrian di Indonesia, khususnya sektor IKM. “Platform kami sejauh ini sudah dimanfaatkan oleh jutaan pelajar dalam kegiatan belajar dan kami melihat peluang bahwa platform kami dapat memberi manfaat lebih bagi masyarakat luas,” ungkapnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)