Marketing Trends

Kenal Lebih Dekat dengan Pelanggan Blibli di HPN 2021

Perayaan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2021 yang jatuh hari ini (4/9/2021) adalah momen bagi Blibli untuk kembali mengapresiasi pelanggan yang berkaca dari semangat #KarenaKamuNo1 dan visi untuk menjadi perusahaan e-commerce nomor satu dengan kepuasan pelanggan terbaik.

Untuk itu, berbagai program apresiasi pelanggan diberikan oleh Blibli di momentum HPN 2021. Di antaranya, program tambahan diskon Rp 100 ribu untuk pelanggan yang bertransaksi pada tanggal 4-5 September 2021 dengan menggunakan BNI Debit/Kartu Kredit dan Mandiri Kartu Kredit.

Bagi pelanggan baru yang melakukan transaksi pertama tepat pada HPN 2021, yaitu tanggal 4 September 2021, akan mendapatkan kesempatan istimewa yaitu menikmati transaksi belanja dengan cashback sebesar 40 persen.

Khusus bagi Infinite members, Blibli memberikan apresiasi atas kepercayaannya dengan memberikan voucher reward point khusus di akun Blibli Rewards mereka pada tanggal 4-6 September 2021. “Blibli dirintis dan dibangun dengan prinsip utama yaitu kualitas dan mindset Customer Satisfaction First. Karena itu, berbagai tantangan dan perubahan menjadi pengalaman berharga sekaligus insight bagi kami dalam memahami serta memberikan hanya yang terbaik bagi pelanggan,” ujar Edward K. Suwignjo, Chief Marketing Officer Blibli.

Edward menambahkan bahwa perjalanan Blibli dalam pengembangan layanan selalu melibatkan pelanggan. Di antaranya melalui informasi atau pertanyaan yang disampaikan melalui customer care, baik mengenai produk, fitur dan layanan yang sering digunakan. “Dengan begitu, inovasi yang kami hasilkan tidak hanya sesuai kebutuhan, namun juga relevan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan Blibli.

Blibli juga memberikan pengalaman belanja terbaik dengan menawarkan seleksi produk lengkap dalam 20 kategori, seperti kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya yang didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. Blibli memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia dapat dilakukan dengan didukung 20 gudang barang dan 32 hub yang berlokasi di kota-kota besar.

Dari fitur dan layanan yang terintegrasi secara omnichannel tersebut, saat ini tercatat ada puluhan juta pengguna bulanan aktif di Blibli di seluruh Indonesia. Lalu seperti apa karakter pelanggan ketika mereka berbelanja kebutuhan mereka sehari-hari di platform Blibli? Edward menyebut layanan pengiriman 2 jam sampai, fitur favorit baru Pemilihan layanan pengiriman yang tepat bisa jadi faktor pengambil keputusan bagi pelanggan. Apakah ada ongkir gratis? Apakah bisa dikirim cepat? Dengan beragam pilihan pengiriman yang didukung armada pengiriman yang dimiliki yaitu BES, juga bekerja sama dengan 27 mitra logistik – terbanyak dibandingkan e-commerce lain – pelanggan pun punya banyak opsi sesuai dengan preferensinya.

Baru diluncurkan tahun ini, opsi pengiriman 2 jam sampai menjadi layanan favorit baru pelanggan Blibli. Layanan ini berbeda dengan layanan pengiriman instant yang sering dijumpai, di mana barang akan sampai di konsumen maksimal 2 jam (termasuk waktu proses dan pengiriman) setelah konsumen melakukan pembayaran, bukan 2 jam dalam pengiriman sejak barang diproses oleh penjual (yang bisa memakan waktu lebih lama). Layanan ini bertumbuh sangat cepat terutama di masa pandemi ini, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang barang yang sifatnya urgent mulai dari kebutuhan dapur, gadget, dan berbagai hal lainnya yang disediakan langsung oleh penjual melalui Blibli. Khusus untuk barang tertentu, layanan ini juga tersedia 24/7.

Selain itu, menurut Edward, banyak pilihan untuk menjangkau customer service (CS) Blibli. CS Blibli mudah dijangkau dan dapat dihubungi selama 24 jam setiap hari, melalui enam channel baik melalui: chat; telepon dan Whatsapp (WA), email, Facebook; dan Twitter. Dari data operasional Blibli menunjukkan hampir 70 persen pelanggan berinteraksi dengan CS melalui fitur chat. Paling sering bertanya “Apa spesifikasinya?” Pertanyaan terbanyak yang diterima CS setiap harinya seputar informasi mengenai spesifikasi produk dan promosi pun menjadi perihal yang harus dijawab oleh CS Blibli.

“Kombinasi teknologi dan pendekatan yang humanis menjadi basis melayani pelanggan di Blibli, tidak hanya di Hari Pelanggan Nasional, kapanpun pelanggan akan terus kami layani dan berikan apresiasi atas kesetiaan mereka kepada Blibli. Untuk itu, kenyamanan adalah hal utama yang kami dedikasikan kepada pelanggan agar tetap memilih Blibli sebagai support system mereka dalam hal memenuhi kebutuhan gaya hidupnya,” jelas Edward menutup penjelasannya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved