Keyakinan Zen Rooms Hadirkan Akomodasi Online

Country Manager Zen Rooms Indonesia, Jafar Jafarov

Layanan booking online untuk hotel juga merasakan geliat leisure economy, salah satunya Zen Rooms. Pelaku bisnis startup berbasis platform teknologi ini memanen keuntungan dari bisnis leisure di Indonesia yang semakin hari semakin besar.

Zen Rooms pertama kali didirikan di Jakarta tahun 2015 dan sejak saat itu telah menjadi franchise akomodasi budget dengan pertumbuhan terpesat di Asia Tenggara. Menurut Country Manager Zen Rooms Indonesia, Jafar Jafarov, perusahaannya mengkhususkan diri dengan menyediakan akomodasi terbaik dengan harga terjangkau. Berbagai jenis mulai dari hotel, hostel, bed and breakfast, villa, guest houses, apartementemen, hingga tempat kost, tersedia di platform ini.

Terhitung Februari 2018, layanannya telah masuk ke beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Magelang, Surabaya, Denpasar, Lombok, Batam, Makassar, dan Medan. “Jumlah kamar kami di Indonesia paling banyak dibandingkan yang kami kelola di negara lain,” ungkap Jafar. Zen Rooms juga hadir di enam negara lain di Asia (Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Sri Langka, dan Hong Kong) dengan total 5.000 kamar.

Indonesia menjadi tulang punggung Zen Rooms dan sudah bekerja sama dengan sekitar 350 hotel dan menjual 2.500 kamar. Kendati menyasar smart treveler yang smart pricing, Zen Rooms tidak main-main dengan kualitas. Setiap kamar Zen Rooms dijamin akan kebersihannya, mendapatkan jaringan Wi-Fi gratis dan cepat, dan layanan customer service 24 jam. Mereka menetapkan standar tertentu bagi para pemiliki tempat akomodasi yang ingin bermitra. “Sebab itu, Zen Rooms punya rating customer satisfication score di level 7,9 di Asia Tenggara,” ujarnya berdasarkan riset.

Zen Rooms berusaha menawarkan sistem operasional dan jaringan pemasaran yang memungkinkan untuk mendatangkan tamu dari berbagai tempat. Kerja sama dan aliansi korporat dilakukan Zen Rooms dengan sejumlah perusahaan besar, seperti Go-Jek, perbankan, e-commerce, hingga perusahaan telekomunikasi. Perusaahn ini melihat prospek bisnis yang bagus dan menjanjikan di masa depan dalam hal aspek pendukung leisure economy.

“Kami percaya leisure economy akan terjadi di industri pariwisata dalam segmen domestik. Standar hidup yang lebih baik di Indonesia memicu orang untuk menyenangkan diri mereka dengan traveling,” ungkapnya. Hal ini didukung destinasi wisata dengan pemandangan alam serta budaya Indonesia yang menarik yang menjadi faktor tepat untuk dinikmati para pelancong, baik itu oleh turis domestik maupun mancanegara.

Pertumbuhan Gross Domestic Product per kapita sangat memengaruhi industri pariwisata. Banyak faktor yang mendukung dan makin mempermudah orang untuk mendapatkan akses berwisata. Ketika berbicara akomodasi, Zen Rooms berusaha dengan baik untuk menyediakan akomodasi terbaik dengan harga yang kompetitif. Pihaknya tak khawatir dengan kehadiran pesaing yang serupa dan terus akan memperluas layanannya ke kota-kota lain di Indonesia.

 

Reportase: Anastasia Anggoro Suksmonowati

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)