Kiat Bos Refit Indonesia Menguasai Pasar Affordable Gym

(Kiri) Irawan Amanko, CEO Refit Indonesia.

Sejak Juli 2016, Irawan Amanko, dipercaya sebagai CEO Refit Indonesia. Ia bertanggungjawab menangani keseluruhan operasional dan pengembangan bisnis ReFIT Indonesia.

Sarjana lulusan Ilmu Komunikasi dan Pariwisata Universitas di Jakarta dan Yogyakarta itu telah berkecimpung selama kurang lebih 14 tahun di industri fitness Indonesia dengan jabatan, seperti Sales Manager hingga Senior General Manager di perusahaan fitness ternama di dunia.

Pengalamannya itu adalah bekal untuk mengimplementasikan berbagai strategi pengembangan bisnis Refit Indonsia untuk berkompetisi dengan beberapa merek fitness club  di Indonesia. Pria yang hobi membaca buku ini tak gentar bersaing dengan mengandalkan konsep affordable gym yang dari sisibiaya keanggotaan fitness lebih terjangkau dengan tanpa mengabaikan layanan yang prima dan fasilitas yang lengkap.

Lalu, bagaimana strategi Irawan dalam meningkatkan brand awareness dan pertumbuhancabang Refit di Indonesia? Berikut petikan wawancara SWA Online bersama Irawan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Bagaimana Anda melihat persaingan pasar industri fitness di Indonesia saat ini?

Awal industri fitness di Indonesia saat ini memasuki era sunrise ditandai dengan makin tingginya kesadaran masyarakat dalam menjalani gaya hidup yang sehat dan fit. Namun, sayangnya potensi bisnis yang besar ini belum di kelola dengan maksimal. Persaingan yang lumayan sengit baru di segmentasi kelas A dan di kota-kota besar Indonesia

Bagaimana positioning Refit Indonesia dan segmen pasar apa yang dibidik?

Refit Indonesia membidik segmentasi kelas menengah, dengan profil rentang usia di umur 15-50 tahun. Jika kita lihat saat ini khususnya generasi muda di Indonesia sudah memiliki kesadaran yang baik dalam hal menjaga kebugaran dan kesehatan fisik. Terkait market share dan penetrasinya di Indonesia saat ini, saya melihat peluangnya sangat besar dan akan terus tumbuh. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan keanggotaan club fitness namun belum terlayani dengan baik karena kurangnya club fitness yang memiliki fasilitas dan layanan yang baik di kota kedua dan ketiga di Indonesia. Saat ini, sekitar 2% masyarakat Inodnesia yang memiliki keanggotaan di sebuah club fitness. Sedangkan dari sisi Health & Fitness Market Size di Indonesia pada tahun 2017 mencapai angka sebesar Rp 5 triliun.

Bagaimana strategi Refit Indonesia memuaskan konsumen Indonesia?

Saat pertama brand ReFIT mulai dikenalkan kepada konsumen di Indonesia 2,5 tahun lalu adalah tahun yang penting dalam membangun fondasi yang kuat untuk menaklukan pasar Indonesia dengan membangun dan menjaring lebih banyak member. Sejauh ini dalam kurun waktu 2,5 tahun terakhir jumlah member aktif dan non aktif Refit Indonesia dari 5 cabang itu sekitar 8.241 member. Kami juga terus bergerak cepat dalam mengomunikasikan produk serta layanan ini kepada member, membawa lebih banyak varian produk, dan membangun channel promosi yang lebih luas lagi.

Komunikasi kepada member merupakan salah satu hal terpenting bagi kami. Satu hal yang terus kami lakukan saat ini adalaah terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup yang fit dan aktif melalui fitness. Kemudian pesan lain yang terus kami kampanyekan adalah konsep affordable gym pesan ini terus kita sebar luaskan karena konsep ini masih baru diIndonesia dan diperlukan oleh masyarakat.

Dalam skema business to consumer (B2C) saat ini market fitness masih di dominasi oleh big box gym (gym skala besar) di segmen kelas A di kota-kota besar di Indonesia untuk itu kehadiran Refit di harapkan dapat menguasai segmen B di kota lapis kedua dan ketiga di Indonesia yang kebutuhan terhadap keanggotaan fitness sudah semakin tinggi.

Menurut prediksi saya, beberapa tahun kedepan pertumbuhan member fitness di kota-kota lapis kedua dan ketiga akan berkembang secara signifikan salah satu faktor pendorongnya adalah di semua kota tersebut terdapat kegiatan car free day setiap minggunya yang sudah berlangsung cukup lama, kegiatan car free day ini adalah cikal bakal dari meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup yang fit dan aktif.

Ke depannya, kita akan membuat banyak aktifitas bersama masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran tersebut, salah satunya adalah aktifitas yang cukup besar yang akan kita helat di tahun 2020 adalah Refit Fit Festival sebagai kegiatan yang berkerjasama dengan semua pihak-pihak yang bergerak di industri kebugaran dengan menghadirkan aktifitas olahraga dari komunitas di Jabodetabek. Tujuan besarnya adalah untuk semakin meningkatkan kesadaran hidup masyarakat dan serta semakin mengenalkan brand Refit.

Bagaimana rencana pengembangan cabang-cabang Refit di Indonesia?

Di tahun 2019 ini kita memiliki rencana pembukaan 3 cabang lagi disekitar Jabodetabek. Sebagai sebuah informasi pengembangan cabang Refit dilakukan melalui beberapa cara yaitu kemitraan penuh, kerjasama dengan pemilik gedung, atau kepemilikan penuh oleh Refit Indonesia.

Refit terus mengenjot pertumbuhan cabangnya dengan target 15 cabang di akhir tahun 2020. Kita juga aktif mengikuti pameran bisnis dan franchise di beberapa kota di Indonesia guna terus mmeberikan informasi kepada para pengusaha tentang besarnya peluang bisnis di industri fitness di Indonesia terutama di segmen kelas menengah dengan konsep affordable gym.

Sebagai informasi pendukung, berdasarkan data yang kita dapat pada tahun 2020 pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia di kelas menengah ada di kisaran 68,2 juta dan di dominasi oleh usia produktif di rentang usia 15-35 tahun dengan persentase sebesar 34,5%. Tentunya ini potensi pasar yang sangat besar untuk dikuasai dari sisi kebutuhan keanggotan fitness-nya.

Apa target Anda ke depan?

Dengan semakin bertambahnya jumlah member Refit, mereka tidak hanya disasar untuk penjualan atau promosi setiap layanan Refit, namun juga bertujuan membangun komunitas untuk dapat saling berbagi tentang gaya hidup fit dan aktif dan juga memberikan pengaruh yang baik dilingkungan terdekat mereka tentang gaya hidup tersebut. Kami akan terus mempererat hubungan dengan mereka semua dan menjaring lebih banyak lagi member. Sehingga pada saatnya nanti salah satu misi besar Refit yaitu menjadi motor pengerak hidup fit dan aktif dapat terwujud dan brand Refit semakin dicintai masyarakat Indonesia dan memimpin di pasar yang ingin kita kuasai.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)