Kiat Crowde Budidaya Tanaman Hias Agar Tumbuh Optimal

Saat pandemi seperti ini, bisnis tanaman, khususnya tanaman hias menjadi tren yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Salah satu penyebabnya karena masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah, sehingga membuat masyarakat mencari kesibukan lain yaitu dengan menanam tanaman di rumahnya.

“Tren budidaya tanaman hias dapat dikatakan sebagai bisnis yang menguntungkan dan ke depannya masih akan ada lebih banyak pebisnis muda yang berkecimbung di dunia pertanian, khususnya tanaman hias,” ungkap  Aldy Rahmadiansyah, Marketing Creative Crowde, platform untuk mendukung petani lewat permodalan pertanian dan inovasi teknologi, dalam siaran pers (4/3/2021).

Dalam kesempatan terpisah, Afifa Urfani, Head of Funding & Impact Crowde, mengatakan, Crowde telah menyalurkan permodalan senilai Rp 22 miliar dari Oktober - November 2020. Hingga kini, Crowde telah menggandeng 28.000 mitra petani dan 3.215 mitra toko tani. Startup ini menyalurkan permodalan sistem cashless dengan menyediakan semua kebutuhan mitra petani untuk menjalankan proyek budidaya.

Crowde adalah perusahaan fintech peer-to-peer lending di bidang pertanian yang hadir sebagai solusi permodalan bagi para petani di Indonesia. Permodalan disalurkan oleh berdasarkan prospek yang diberikan oleh para petaninya. Untuk pengajuan modal hingga konsultasi permasalahan pertanian, para petani hanya perlu mengunduh aplikasi atau langsung mengisi form.

Aldy menjelaskan, tanaman hias merupakan tanaman dari kelompok holtikultura dan fungsi dari tanaman hias ini sendiri untuk menambah keindahan lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, setiap jenis tanaman hortikultura yang bisa menambah keindahan pada suatu ruangan atau lingkungan termasuk ke dalam jenis tanaman hias, walaupun tanaman itu juga termasuk ke dalam tanaman sayuran.

Sayangnya, membudidayakan tanaman hias bukan hal yang mudah. Apalagi bagi para pemula. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengetahuan dan keahlian yang memadai untuk membudidayakan tanaman hias. Berikut ini adalah beberapa tips membudidayakan tanaman hias.

1.       Memilih Jenis Tanaman Hias

Mulailah belajar membudidayakan tanaman hias dari yang sedang digandrungi banyak orang. Tanaman hias memiliki tren tersendiri, terkadang mereka akan popular pada waktu-waktu tertentu. Seperti contohnya, tanaman hias berjenis janda bolong yang menjadi tanaman hias terpopular di tahun 2020. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan terutama bagi yang ingin menjadikan tanaman hias sebagai usaha.

Namun, jika Anda tidak ingin mengikuti tren, satu trik yang bisa Anda ikuti adalah dengan memilih tanaman hias yang timeless atau memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya. Misalnya, sukulen dan tanaman hiasan taman. 

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)