Kiat DBS Raih Pertumbuhan Pendapatan 38%

IMG_7335

Hingga 31 Maret 2016, divisi konsumer banking bank DBS pendapatannya naik 20% dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. Komposisi pendapatan tersebut berasal dari 46% manajemen kekayaan, 31% kredit tanpa agunan (KTA), dan 23% dana pihak ketiga (DPK). Diperkirakan hingga akhir tahun 2016 komposisi ini tidak akan berubah jauh. Sepanjang tahun 2016 ini, DBS Indonesia membidik nasabah prioritas yang tumbuh 30%.

Untuk mencapai target pertumbuhan pendapatan 38% hingga akhir tahun, ada beberapa strategi yang disiapkan oleh DBS. Pertama, meningkatkan pengalaman konsumen. Hal ini dilakukan dengan melengkapi para relationship manager (RM) dengan sistem manajemen yang interaktif serta melengkapi pembekalan produk dan wawasan pasar yang mendalam. Kedua, mengolah penguasaan teknologi dan formulasi produk. Salah satunya dengan mengolah big data untuk memahami perilaku dan kebutuhan konsumen. Ketiga, merancang produk-produk yang inovatif sesuai dengan kebutuhan nasabah dan profil risiko masing-masing nasabah.

“RM ini merupakan hal yang paling penting. Karena para RM inilah yang melayani para nasabah prioritas kami. Ketika para RM ini bertemu dengan nasabah prioritas, mereka tidak perlu membawa berkas yang banyak. Cukup membawa iPad/ tablet, semua data nasabah ada semua di aplikasi RM mobility. Selain menyediakan data nasabah yang terintegrasi, aplikasi ini dapat memantau hubungan RM dengan nasabah. Kemudia RM dapat menggunakan aplikasi ini untuk menawarkan produk dengan mengisi kuesioner profil risiko nasabah,” jelas Wawan Salum, Direktur Consumer Banking Group DBS Indonesia.

Pendekatan berbasis digital yang dilakukan DBS Indonesia berhasil menunjukkan pertumbuhan yang baik. Hal ini terbukti dari pertumbuhan nasabah online di segmen unsecured loan (KTA) yang meningkat 183% (hingga Mei 2016) dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan DBS Treasures untuk nasabah prioritas meningkat 260%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)