Kiat Jenama Lokal Merintis Bisnis Pusat Kebugaran Berkonsep Mobile Gym

Fitbox, yang beroperasi sejak akhir tahun 2021, mengonsep mobile gym pertama di Indonesia. (Foto : Istimewa)

Literasi publik terhadap perilaku hidup sehat semakin meningkat di masa pandemi m. Selain menerapkan protokol kesehatan dan asupan nutrisi seimbang, kegiatan olahraga menjadi prioritas masyarakat Indonesia. Di tengah pemberlakuan pembatasan mobilitas masyarakat, kegiatan olahraga outdoor menjadi pilihan masyarakat demi menjaga kebugaran. Raga yang bugar diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu menekan peluang untuk tertular Covid-19.

Antusiasme masyarakat untuk berolahraga di luar ruangan tetap tinggi meski Indonesia sudah mulai memasuki fase endemi. Kegiatan olahraga outdoor menjadi pilihan banyak orang karena pegiat olahraga dapat menghirup udara segar serta mendapatkan sinar matahari langsung yang dapat meningkatkan penyerapan vitamin D pada tubuh.

Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk cara beraktivitas dan bersosialisasi. Selama pandemi, pegiat olahraga yang biasanya pergi ke pusat kebugaran lebih memilih beraktivitas fisik di luar ruangan. Lebih jauh, konsumen tidak mau terikat kontrak keanggotaan bulanan maupun tahunan pada masa pandemi. Bahkan, di saat memasuki masa endemi pun pegiat olahraga lebih kritis dalam mengeluarkan anggaran baik untuk kebutuhan primer maupun sekundernya. “Sejak masa pandemi, konsumen ingin bebas memilih waktu dan tempat mereka  berolahraga,” kata Mela Gunawan, Co-founder Fitbox di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Perintis Mobile Gym

Berbagai jenis olahraga dapat dilakukan di luar ruangan, mulai dari sepakbola, bersepeda, lari, tenis, golf, basket, hockey, maupun baseball. Bahkan, saat ini pegiat olahraga bisa mengikuti program workout secara outdoor. Fitbox, mobile gym truck pertama di Indonesia menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati para pegiat olahraga. Mela, dalam keterangan tertulisnya ini, menyampaikan Fitbox dapat memberikan opsi gaya hidup baru dengan konsep mobile gym yang dapat datang ke lokasi konsumen.

Berkonsep truk dengan alat-alat functional yang biasanya tersedia pusat kebugaran atau gym, Fitbox dapat memberikan program workout yang disesuaikan untuk setiap orang. Tak hanya itu, pegiat olahraga juga didampingi oleh coach atau trainer sesuai dengan kebutuhan client.

Hadir di kawasan Gelora Bung Karno, Fitbox menjadi solusi jitu bagi penggiat olahraga yang beraktivitas di pusat Jakarta. Tak ada lagi alasan kehabisan waktu karena terjebak kemacetan lalu lintas di ibukota untuk bisa berolahraga. Di samping itu, para pegiat olahraga tak lagi harus merogoh kocek untuk membayar iuran keanggotaan seperti halnya di pusat kebugaran. “Kami memproduksi gym truck ini agar menjadi salah satu opsi dengan berolahraga outdoor. Selain efisien dari sisi biaya, pegiat olahraga tidak harus stres berkendara menuju pusat kebugaran serta lebih fleksibel dari sisi waktu,” kata Mela.

Fitbox mulai melayani masyarakat sejak akhir tahun 2021. Namun demikian, Fitbox mulai ada di Jakarta pada awal April 2022. Selain satu unit tersedia di Gelora Bung Karno Senayan, satu unit Fitbox yang berkonsep mobile juga tersedia di Ibukota. Gym truck tersebut siap melayani para konsumen di lokasi masing-masing. “Fitbox juga melayani para pegiat olahraga baik di rumah maupun perkantoran,” ujar Mela.

Nanda Vector, pegiat olahraga yang telah mendapat layanan Fitbox, mengatakan bahwa Fitbox mampu memangkas biaya yang mesti dikeluarkannya di pusat kebugaran. Bahkan, Nanda tak perlu pergi jauh jika ingin berolahraga.“Seru banget berolahraga dengan Fitbox, sesuatu tren workout yang baru dengan gym truck yang dapat datang ke lokasi saya, selain itu saya dapat menghemat waktu dan biaya saya untuk nge-gym,” kata Nanda.

Dengan konsep mobile gym truck, Fitbox juga memberi keleluasaan bagi para trainer maupun coach untuk mengatur jam kerja lebih fleksibel. Dengan demikian, para trainer dan coach tak perlu bekerja kontrak maupun wajib hadir ke pusat kebugaran. “Solusi buat para trainer atau coach yang terhambat dengan jam kerja fulltime, selain itu, Fitbox sudah dilengkapi alat-alat functional yang dapat membantu program olahraga yang biasanya saya berikan kepada client,” ujar Reza Pratama, pelatih kebugaran.

Sejatinya, Fitbox menargetkan seluruh kalangan, baik dari pegiat olahraga berusia muda maupun lanjut usia. Selain itu, pegiat olahraga yang baru mencoba workout (newbie) hingga yang sudah tingkat advance pun bisa beraktivitas di Fitbox.

Mela menegaskan selama ini belum ada layanan olahraga berkonsep gym truck di Indonesia. Dengan kata lain, Fitbox merupakan perintis mobile gym truck di Tanah Air. “Kami yang pertama di Indonesia dan semua konsep ini diproduksi sendiri di Tanah Air alias brand lokal,” papar Mela.

Peluang Cuan Fitbox

Di balik Fitbox, tentu ada para tokoh yang telah berkecimpung lama di dunia industri kebugaran. Para tokoh tersebut bergabung dalam PT Kotak Bugar Indonesia yaitu Arianto Gunawan, pemilik baju olahraga dengan brand Corenation, Mela yang pernah menjabat sebagai CMO di pusat kebugaran di Indonesia, Benedict Andhika yang juga salah satu pendiri dan coach di gym box di pusat Ibukota serta Bali.

Mela optimistis Fitbox bakal eksis di industri kebugaran. Bahkan, peluang sangat luas karena belum ada kompetitor sejenis. “Jika dilihat dari tingkat kesadaran masyarakat terhadap health and wellness sangat tinggi sejak pandemi, maka banyak calon konsumen yang akan melirik mobile gym ini,” kata Mela. Dengan biaya investasi Fitbox sekitar Rp 500 juta, keuntungan yang potensial diraup minimal sebesar 20%. Mela melanjutkan, faktor risiko nyaris tidak ada. “Truk dan alat -alat di dalam Fitbox ini dapat dijual kembali kepada kami,” ungkap Mela mengklaim.

Saat ini, first mover advantage dengan konsep mobile gym ini mengedukasi masyarakat terkait layanan workout melalui media sosial maupun para gym influencer. Tak hanya itu, Fitbox juga mendukung berbagai event olahraga seperti Ultra Marathon dan festival fitness sebagai bentuk pemasaran produk dan layanannya. Fitbox mengedukasi melalui konten di sosial media, membagikan artikel gaya hidup atau tren olahraga baru di beragam media.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)