Kilas Balik Gojek  untuk Masyarakat Bali

Sebagai bagian dari inisiatif kejoG untuk Indonesia (Kilas Balik Gojek), Gojek menghadirkan kejoG untuk Bali dengan mengulas lima solusi utama yang memudahkan kehidupan sehari-hari warga. Lima solusi tersebut adalah GoGreener, GoGames, Donasi Digital Gojek, Fitur Ganti Lokasi GoFood, Fitur Keamanan, Keselamatan dan Layanan Transportasi Gojek.

Melansir data dari App Annie ‘2020 mobile report’, Gojek menjadi aplikasi on-demand paling banyak digunakan masyarakat Indonesia di 2019 dan meningkatnya jumlah pesanan terselesaikan (completed orders)  hingga hampir 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Michael Reza Say, VP Regional Corporate Affairs Gojek, mengatakan Gojek berkomitmen memudahkan kehidupan sehari-hari melalui teknologi. "Kami yakin bahwa user experience, kepuasan, dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci bagi pertumbuhan jangka panjang Gojek.  Karena itulah kami melakukan pendekatan berbasis produk," ujar Michael.  

Gojek, menurutnya, memastikan bahwa produk yang dihadirkan mudah digunakan dan benar-benar menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari pelanggan. "Lima solusi ini menjadi bagian dari kejoG untuk Bali karena kami melihat bahwa pelanggan di Kota Denpasar dan sekitarnya memiliki preferensi dan kebutuhan akan solusi tersebut dalam keseharian mereka,” tambah Michael.

Lima solusi yang Gojek hadirkan di 2019 untuk membuat hidup warga Bali menurut Michael, diantaranya GoGreener yang merupakan solusi mengadopsi gaya hidup lebih ramah lingkungan dengan mengajak seluruh ekosistem Gojek mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Di Bali, jumlah mitra usaha GoFood yang mengadopsi solusi ini lebih dari 12 kali lipat dibandingkan awal 2019. Selama 2019, hampir 100% pelanggan GoFood memilih opsi untuk tidak membeli alat makan sekali pakai ketika membeli makanan dan minuman dari outlet yang berpartisipasi dalam program GoGreener. 

Solusi ke dua, GoGames, menurut Michael, telah meningkatkan transaksihingga tiga kali lipat sejak pertama kali diluncurkan pada September 2019. Tiga permainan dengan top-up transaksi terbanyak di 2019 adalah Free Fire, Mobile Legends, dan Hago.

Sedangkan Donasi Digital Gojek di Bali sepanjang 2019 tumbuh hingga 6 kali lipat dengan menggandeng Baznas Provinsi Bali sebagai mitra utama.

"Inovasi donasi digital dari Gojek juga berhasil meningkatkan akuntabilitas dari kampanye sosial, sehingga memudahkan baik pengurus organisasi dalam mengelola donasi maupun donatur dalam mengikuti perkembangan penyaluran dana."

Fitur Ganti Lokasi GoFood menjadi solusi untuk lebih mudah pesan makanan dari manapun, kapanpun tidak hanya dari area lain di kota yang sama, tapi juga dari kota dan negara yang berbeda. Pada Desember 2019 jumlah transaksi fitur ini meningkat lebih dari 40 kali lipat dibandingkan bulan pertama diluncurkan pada Februari 2019. 

Fitur Keamanan dan Keselamatan Layanan Transportasi Gojek menjadi solusi lebih aman dan nyaman dalam menggunakan layanan transportasi online Gojek. Di tahun 2019, solusi fitur keamanan dan keselamatan Gojek semakin komprehensif dengan kehadiran fitur Tombol Darurat, Bagikan Perjalanan, dan asuransi bagi penumpang maupun mitra driver. "Terjadi peningkatan jumlah pesanan layanan transportasi Gojek hingga 60% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2019, secara total Gojek di  Bali telah menempuh perjalanan sejauh 114.000.000 kilometer".

Menurut Michael,pelanggan Gojek hingga lebih dari 1,5 kali lipat pada 2019. "Ke depan, kami akan terus berinovasi menghadirkan solusi yang dibutuhkan pelanggan serta memastikan pengalaman terbaik dalam penggunaan aplikasi kami,”ujar Michael.

Tags:
Bali GoJek Mitra

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)