Kiprah Indonesia di Event Kriya dan Desain Interior Eropa

Media Gathering Keikutsertaan Indonesia di Maison et Objet, Paris

Indonesia melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), akan hadir di Maison et Objet, ebuah pameran dagan terbesar di bidang kriya dan desain interior di Paris Nord, Villepinte Exhibiton Centre, Paris, Perancis pada 6-10 September 2019.

Pada gelaran ini Indonesia berpartisipasi kembali setelah 20 tahun terakhir. Bekraf berkolaborasi dengan KBRI untuk Prancis, merangkap Andorra, Monako, UNESCO, serta Himpunan Desainer Interior Indonesia.

Salah satu program besar bertajuk Indonesia Creative Incorporated (ICINC) ditujukan untuk mempersiapkan perluasan produk dan jasa kreatif nusantara ke luar negeri. Produk dan jasa yang lolos dalam ICINC inilah yang dikirimkan pada event Maison et Objet ini. Seleksi ini tidak main-main mengingat pada gelarannya, event ini menyedot perhatian lebih dari 84 ribu pengunjung dan melibatkan 2.990 brand dari 65 negara.

Ketua Dewan Kurator, Francis Surjaseputera dalam siaran pers menjelaskan, dunia kriya internasional belum mengenal Indonesia sebagai penghasil produk dengan nilai desain tinggi. Untuk itu, tugas kurator adalah memilih produk yang tepat untuk pasar Eropa.

Proses pengumpulan data calon peserta yang sepenuhnya dilakukan via online berhasil mengumpulkan sebanyak 86 peserta dari berbagai kategori yakni craft, unique decorative, furniture object, contemporary design, rugs,
tableware, lighting, dan luxuary brand.

Kemudian, diseleksi secara administratif menjadi 56 peserta, dengan mempertimbangkan  diantaranya pada tema produk, penajaman target pasar, kesanggupan produksi, adanya kerja sama dengan industri manufaktur, hingga aspek sosial. Terakhir, 24 peserta yang tersaring akan diboyong ke Paris untuk mengharumkan nama Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)