KlikDokter Bantu Pasien Diabetes Lewat Kalbe Diabetes Care

Fauzi Imam Sambodo, Kalbe Diabetes Care (Kanan Atas) Saat acara peluncuran (Foto: Anastasia AS/SWA).

Untuk membantu masyarakat yang memiliki penyakit diabetes, care giver, dan layanan dokter, PT Kalbe Farma Tbk dan KlikDokter merilis aplikasi KlikDiabetes. Aplikasi tersebut merupakan bagian dari program Kalbe Diabetes Care, yang merupakan kolaborasi dari lintas divisi Kalbe yaitu divisi Farma, Nutrisi, Alat Kesehatan dan E-health.

“Klik Diabetes diharapkan menjadi solusi praktis pendampingan pasien diabetes agar kualitas hidup menjadi baik. Layanan ini fokus pada layanan personal assistant untuk catatan kesehatan, diet & nutrisi , pengingat obat, edukasi dan informasi yang terpercaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bagaimana pencegahan dan penanganan diabetes yang tepat,” kata Michael Buyung Nugroho, E-Health Director PT Kalbe Farma Tbk.

Platform ini diharapkan dapat menjadi bagian dalam penyelesaian masalah diabetes di Indonesia melalui edukasi dan pemberian informasi seputar penyakit diabetes. “Permasalahan diabetes perlu dilakukan secara multidisiplin dan komprehensif, melihat masalah diabetes harus dari berbagai sudut pandang seperti kepatuhan pengobatan, parameter gula darah, diet dan nutrisi yang teratur, pola hidup sehat serta mendapatkan informasi yang terpercaya terkait penyakit diabetes,” ujar Daeng M Faqih, Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19, 25-34% pasien yang dirawat di ICU dan non-ICU merupakan pasien diabetes. Covid-19 juga memperburuk pengendalian gula darah penyandang diabetes. Dengan mengendalikan gula darah yang baik dapat mencegah komplikasi dan mengurangi keparahan akibat Corona ini.

Oleh sebab itu, pasien diabetes diharapkan untuk bisa mengendalikan gula darahnya dengan baik, serta melakukan pemantauan gula darah lebih sering. Diet, menkonsumsi nutrisi seimbang, dan melakukan latihan fisik juga bisa membantu pasien dalam mengendalikan gula darahnya dalam tubuh.

Aplikasi KlikDiabetes memiliki fitur pengingat obat, parameter gula darah dengan catatan kesehatan, diet dan nutrisi yang teratur, serta pola hidup sehat. “Dengan aplikasi KlikDiabetes yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apps Store ini, kami berharap dapat membantu dokter, pasien dan Caregiver dalam penanganan diabetes secara komprehensif dan multidisiplin agar kualitas hidup lebih baik,” kata Fauzi Imam Sambodo, Kalbe Diabetes Care.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)