Koinworks Raih Modal Pendanaan US$30 Juta

Platform Koinworks mendapatkan tambahan permodalan dari Lendable Inc sebesar US$30 juta atau sekitar Rp435 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk menyalurkan pendanaan ke Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Angka tersebut meningkat sebesar 300% dari jumlah yang sebelumnya telah diberikan pada bulan Mei 2020 lalu.

Mark Bruny, Chief Financial Officer KoinWorks menyambut kepercayaan Lendable Inc untuk yang kedua kalinya dalam mempercepat akselerasi pertumbuhan UKM Digital di Indonesia. “Ini dapat menjadi indikator bahwa UKM terutama Digital di Indonesia dinilai memiliki daya tahan yang kuat selama masa pandemi, bahkan dapat memanfaatkan momentum pandemi untuk dapat tumbuh lebih besar lagi,” ujarnya.

Menukil laporan riset Digital SME Confidence H1 2021 pada Agustus 2021, dari 1.376 survey yang dilakukan kepada UKM Digital di 34 Provinsi di Indonesia, 48% UKM Digital menunjukkan peningkatan kinerja penjualan rata-rata 44%, dibanding tahun 2020. Kenaikan ini didorong oleh inisiatif transformasi digital. Adapun, sebanyak 20% bisnis dikatakan telah mengalihkan usaha penjualan mereka dari konvensional ke digital.

Riset yang sama juga menunjukan bahwa UKM yang menggunakan kanal konvensional dan digital lebih mendominasi pasar dengan porsi 48%, dibanding UKM yang hanya menggunakan kanal digital saja sebanyak 40% atau kanal konvensional saja sebanyak 12%.

“Dengan visi misi yang sama dengan Lendable, yaitu memberikan akses kepada setiap orang dengan menyediakan solusi keuangan yang dapat diakses dan terjangkau, kami percaya Koinworks dapat mengembangkan pertumbuhan segmen UKM, apalagi untuk pemanfaatan kanal digital. Kami yakin inklusi keuangan bisa tercapai dengan teknologi,” kata Chief Investment Officer Lendable Hani Ibrahim.

Per Kuartal II/2021, KoinWorks telah menyalurkan pendanaan sebanyak Rp1 triliun kepada 300 ribu UKM di Indonesia. Ke depan, platform akan mengembangkan layanan teknologi keuangan dan fitur lain, dibarengi dengan strategi adaptasi digital segmen UKM untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)