Kolaborasi BI, OJK, dan Tokopedia Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM

Modul Literasi Keuangan

Survei OJK pada 2019 mengungkapkan, tingkat literasi keuangan masyarakat masih berada di 38,03%, berbanding terbalik dengan inklusi keuangan masyarakat yang telah mencapai 76,19%. Sementara itu survei internal Tokopedia pada pelatihan digitalisasi tahun 2021-2022 menunjukkan, 97% pelaku UMKM merasa sangat terbantu dengan pelatihan digitalisasi yang diberikan. Dalam survei tersebut, 60,1% pelaku UMKM merasa membutuhkan materi yang dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan.

Menjawab tantangan tersebut, Tokopedia bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Modul Literasi Keuangan. Modul ini dihadirkan guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya pelaku UMKM lokal agar dapat bangkit bersama memulihkan ekonomi nasional.

Vice Chairman & Co-founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison mengungkapkan, modul yang berisi materi pembelajaran ini dapat digunakan UMKM untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan dan meningkatkan pemahaman pengelolaan keuangan, serta bertransformasi dalam pembayaran dan transaksi digital.

"Modul Literasi Keuangan merupakan salah satu upaya Tokopedia dalam mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital. Harapan kami, modul ini dapat dimanfaatkan dan menjadi panduan bagi masyarakat sehingga bisa terus mengembangkan usaha merek, akhususnya bagi sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% merupakan UMKM lokal,” ujar Leontinus dalam peluncuran secara virtual, Senin (23/05/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, modul ini akan menjadi bagian dari Kelas Maju Digital yang merupakan rangkaian pelatihan yang diselenggarakan Tokopedia di berbagai daerah. Dalam modul tersebut terdapat empat topik besar, yaitu (1) perencanaan dan pengelolaan keuangan, (2) cara memperoleh dan mengelola modal usaha, (3) metode dan transaksi online serta cara melapor pajak, hingga (4) investasi yang aman dan menguntungkan lewat Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana. Keemoat modul tersebut dapat diakses secara gratis oleh seluruh UMKM di Indonesia melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia mulai hari ini.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono menyampaikan, literasi keuangan merupakan faktor penting untuk UMKM mengembangkan usaha. Sinergi pada acara ini kata Doni, merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia untuk senantiasa mendukung pengembangan UMKM melalui sinergi dengan berbagai pihak.

"Tujuannya untuk mempercepat UMKM naik kelas dan meningkatkan kontribusinya dalam pemulihan ekonomi nasional melalui literasi keuangan, digitalisasi, dan globalisasi," katanya. Peluncuran modul ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, serta Presidensi Indonesia pada G20.

Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara pun mengapresiasi langkah Tokopedia dalam meningkatkan literasi keuangan, “Upaya ini tidak hanya bermanfaat bagi pegiat UMKM, tetapi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berkontribusi dalam memulihkan ekonomi negeri,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)