Kolaborasi Digital Marketing Jadi Kunci Keberhasilan Promosi

Diskusi panel bersama Bambang Triharto, Head of Ecommerce Kalbestore, Yudhistira Ditya Pratama, Digital Marketing Manager Bukalapak, dan Usman Raezra, Business Director Digenesia. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Di era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity) saat ini kunci sukses bagi sebuah perusahaan untuk bertahan adalah melalui kolaborasi dan partnership. Perusahaan dengan program partnership yang matang dinilai lebih cepat tumbuh dibandingkan perusahaan lain yang tidak melakukannya.

Kolaborasi dapat dilakukan di berbagai bidang, termasuk dalam aspek pemasaran yang telah mengalami pergeseran dari traditional marketing promotion menjadi media digital promotion untuk lebih di prioritaskan. Pemilihan media promosi atau channel yang tepat untuk meningkatkan return of investment (ROI) menjadi kunci utama dalam strategi pemasaran saat ini.

Menurut Prayudho Rahardjo, CEO Accesstrade Indonesia, transisi periklanan dan juga marketing kian pesat. Para pebisnis pun merubah strategi untuk meraih tujuan utama bisnis serta faktor pendukung terpenting. “Saat ini penting untuk memilih strategi dalam memilih media promosi atau channel yang tepat untuk meningkatkan ROI,” kata Yudho dalam panel diskusi bertema ‘Growth Hacking Through Digital Marketing to Empower Your Business’ di Jakarta, (12/7).

Accesstrade merupakan sebuah platform digital affiliate marketing yang memiliki 16,000 publisher aktif. Accesstrade merupakan bagian dari Interspace Co. Ltd. dengan kantor pusat di Jepang yang juga telah ekspansi ke Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Sementara itu, Yudhistira Ditya Pratama, Digital Marketing Manager Bukalapak menjelaskan tren penggunanaan digital marketing akan terus populer di Indonesia. Hal ini mengingat perusahaan yang biasa menjual secara offline kini mulai menggunakan platform digital. "Adopsi pemasaran secara digital akan terus meningkat. Pemasangan iklan di berbagai platform juga demikian," kata Yudhistra.

Selain menggunakan pemasangan iklan dari Facebook dan juga Google, Bukalapak ternyata juga menggunakan Affiliate marketing. Salah satunya yakni ACCESSTRADE Indonesia yang sudah digunakan sejak tahun lalu. "Affiliate marketing bermanfaat bila kita ingin mengejar performa sales yang baik. Kita juga memasarkan secara efisien dengan affiliate," tambahnya.

Yudhis menambahkan, saat ini Bukalapak tak hanya mengejar awareness. Tapi juga jumlah transaksi, jumlah user dan nilai penjualan barang tersebut. “Intinya lewat digital marketing kita dapat sesuaikan target market dengan produk yang ditawarkan," kata dia.

Affiliate marketing hadir dengan menyediakan sistem CPA (Cost per Action), yang berarti advertiser akan mengeluarkan biaya saat action/transaksi sudah terjadi dan disetujui. Action ini dapat disesuaikan bentuknya sesuai dengan kebutuhan para pengiklan. Untuk advertiser yang menjual produknya secara online, action dapat berupa sales atau penjualan.

Bagi advertiser yang membutuhkan data action, maka action akan berupa registrasi, begitu pula dengan advertiser yang mempunyai aplikasi, action yang dapat dilakukan berbentuk instalasi apps. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan dari segi biaya karena selama belum terjadi action, maka iklan dan traffic yang datang kepada mereka akan didapatkan secara gratis pada media publisher. Sistem CPA yang digunakan juga akan membuat promosi lebih efektif dalam mencapai target yang diharapkan.

Selain dengan menggunakan CPA model, affiliate marketing juga hadir untuk mempertemukan para pengiklan atau advertiser dan para pemasang iklan atau yang kita sebut dengan publisher.

Sehingga affiliate marketing menjadi portal untuk memudahkan para advertiser mendapatkan network media promosi online yang saat ini semakin berkembang, serta memudahkan para publisher untuk menemukan para advertiser yang sedang mencari penyedia promosi online.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)