Kolaborasi Emtek dan Grab untuk Percepat Transformasi UMKM di Indonesia

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia dan Sutanto Hartono, Managing Director Emtek Group dalam acara konferensi pers
(Foto: Anastasia AS/SWA).

PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) berkolaborasi strategis dengan Grab untuk menggabungkan ekosistem di antara keduanya. Kolaborasi tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan digitalisasi dan membuka peluang bagi wirausahawan di Indonesia.

Sutanto Hartono, Managing Director Emtek Group mengatakan bahwa pihaknya memiliki visi yang sama untuk mempermudah kehidupan masyarakat melalui teknologi. “Grab memiliki keahlian teknologi yang mumpuni, serta komitmen untuk berinovasi. Sehingga cocok berkolaborasi untuk memperkuat infrastruktur digital dan membangun ekonomi digital Indonesia yang menjangkau semua,” kata dia dalam Konferensi Pers yang diadakan tadi siang (26/07/2021).

Emtek dan Grab akan berkolaborasi di sektor logistik dan e-commerce, keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional. Pada fase pertama, keduanya akan menyelenggarakan Festival Kota Mapan yakni program akselerator untuk UMKM di kota-kota tier 2 di Indonesia. Festival tersebut akan diselenggarakan di Solo pada September 2021 mendatang.

“Kami menargetkan 1.000 UMKM dan fokus untuk meningkatkan kapabilitas mereka melalui pelatihan dengan melibatkan penyandang disabilitas,” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia menambahkan. Pelatihan tersebut akan didukung oleh Bukalapak, GrabFood , GrabKios, dan GrabMart, Sehingga UMKM dapat tetap bertahan dan berkembang di masa pandemi.

Selain menyelenggarakan festival, keduanya juga berkolaborasi untuk menyediakan layanan pengantaran instant dan same-day melalui GrabExpress, dan menyediakan produk digital GrabKios seperti isi ulang pulsa di platform Mitra Bukalapak di 500 kota. Lebih jauh, keduanya juga akan menjajaki peluang investasi dan membimbing perusahaan start-up Indonesia melalui KMK Online dan Grab Ventures Velocity.

“Kerja sama ini menandai langkah pertama kami bersama Emtek Group. Kami sangat antusias untuk memanfaatkan luasnya jangkauan jaringan media Emtek group dan keunikan Bukalapak dengan memberdayakan tidak hanya pelaku UMKM untuk menjadi online, tetapi juga dengan bermitra dan menyediakan layanan digital bagi para pedagang warung,” kata Neneng.

Masih dalam acara yang sama, Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia berharap kolaborasi diantara keduanya dapat memberikan dampak positif bagi pemulihan ekonomi nasional dan mendorong pemerataan ekonomi digital di Indonesia. “Semoga sinergi Grab dan Emtek Group dapat menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital minimal 5 besar dunia dengan merangkul UMKM secara inklusif, termasuk diantaranya menyediakan teknologi yang ramah terhadap setiap kalangan termasuk penyandang disabilitas, perempuan dan UMKM di daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertinggal,” kata Airlangga.

Sebelumnya, Emtek telah menginvestasikan dana sebesar US$375 juta kepada Grab. Adapun Portofolio Emtek Group saat ini mencakup bisnis media seperti SCTV dan Indosiar, platform over-the-top (OTT) Vidio, Bukalapak, online publisher KLY, dan kepemilikan 6 rumah sakit.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)