Kolaborasi Kota Metro dan CCEP Gerakkan Ekonomi Sirkular

Pemerintah Kota Metro dan Coca-Cola Berkolaborasi Gerakan Bank Sampah dan Ekononomi Sirkular

Pemerintah Kota Metro dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia),  melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Pilot Project Bank Sampah yang akan memfasilitasi pengelolaan sampah yang optimal dan menggerakkan ekonomi sirkular di masyarakat. Bank Sampah ini merupakan bagian dari strategi untuk mengurangi beban sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan mengurangi risiko gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim, meningkatnya sumber emisi metana, serta pencemaran air dan tanah.

dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG(K) selaku Walikota Metro menyatakan apresasinya terhadap CCEP Indonesia dan para mitra dalam komitmennya untuk menjalankan program pengurangan sampah. "Konsep Bank Sampah ini dapat menjadi alternatif solusi untuk mengurangi sampah dari sumbernya," ia menuturkan. 

Dukungan terhadap Pilot Project Bank Sampah tersebut merupakan salah satu perwujudan dari strategi ‘This is Forward’, rencana aksi keberlanjutan dari grup perusahaan CCEP  fokus terhadap enam bidang sosial dan lingkungan utama dengan dampak signifikan, yakni: iklim, pengemasan, minuman, masyarakat, air, serta rantai pasokan.

“Kami tentunya bangga dapat menjadi bagian dari program Pilot Project Bank Sampah walaupun kami tahu masih banyak yang perlu dilakukan untuk menangani isu tentang sampah,” jelas Lucia Karina, Direktur Public Affairs, Communications & Sustainability CCEP Indonesia. 

Melalui edukasi tentang cara pengelolaan dan infrastruktur yang tepat, masyarakat dapat menerapkan ekonomi sirkular, di mana di dalam kegiatan kesehariannya masyarakat dapat mengolah kembali sampah yang dihasilkan dan mengurangi penyebab pencemaran lingkungan. , "Dukungan kami dalam kegiatan hari ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung agenda pemerintah serta mengingatkan masyarakat akan pentingnya untuk mulai memilah dan mengolah sampah dengan benar sejak usia muda,” tambah Lucia. 

Dalam implementasinya, program Bank Sampah ini akan berdampak dalam mengurangi sampah dari sumbernya serta menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi untuk meningkatkan ekonomi sirkular masyarakat melalui berbagai program pembekalan dan pelatihan pemilahan dan pengelolaan sampah, serta kegiatan pendampingan dan konsultasi yang akan dilakukan tiap bulan.

Di Indonesia, wujud komitmen CCEP terhadap keberlanjutan dilakukan melalui manajemen pengemasan pascakonsumen yang berkelanjutan, seperti Program Bali Beach Clean Up, program bersih-bersih pantai yang dilakukan setiap hari sejak tahun 2007 di 5 pantai Bali, yaitu: Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran dan Kedonganan. Kemduian, mendukung program city clean up dan donasi tempat sampah secara reguler sejak tahun 2012, hingga tahun 2021 CCEP Indonesia telah menyediakan lebih dari 5.000 tempat sampah bagi masyarakat;  Coca-Cola Forest Fun Learning di Lampung, Sumedang, dan Semarang serta program Green School di SDN 05 Sukadanau dan SDN 01 Kapuk Muara.

CCEP Indonesia juga mendukung edukasi masyarakat terkait kewirausahaan dan pengolahan sampah sebagai bahan baku; dan dukungan terhadap pengelolaan Bank Sampah di Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur. Pada tahun 2021, CCEP Indonesia juga memperkenalkan PT Amandina Bumi Nusantara,  entitas yang mengoperasikan fasilitas PET dan mengolah kembali limbah PET berkualitas rendah menjadi PET berkualitas tinggi dan Mahija Parahita Nusantara, Yayasan yang mendukung pengelolaan collection center

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)