Kolaborasi MotionBanking dan Pos Indonesia Genjot Inklusi Keuangan

Penandatanganan Kemitraan MNC Group dengan Pos Indonesia di Jakarta pada Rabu, 29 September 2021. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA)

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dan PT MNC Teknologi Nusantara, anak perusahaan dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk mengembangkan layanan setor tunai/top up dan tarik tunai/cash out di seluruh kantor pos dan aplikasi Pospay milik Pos Indonesia.

COO MotionBanking, Teddy Tee mengatakan pihaknya meyakini kerja sama MotionBanking dengan Pos Indonesia menjadi langkah penting untuk mengakomodasi kebutuhan perbankan masyarakat di pelosok. Dengan kerja sama ini, MotionBanking memosisikan diri sebagai game changer dalam perkembangan bank digital, terutama di daerah terpencil di Indonesia.

Fitur setor dan tarik tunai tanpa kartu ini menjadi pendorong user acquisition dari kalangan unbanked dan underbanked yang masih mendominasi hingga lebih dari 70% masyarakat Indonesia. BABP dengan dukungan MNC Media, akan terus mendorong literasi keuangan hingga ke seluruh Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan,” ujar Teddy di sela-sela penandatangan MoU MotionBanking dan Pos Indonesia di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Kemitraan strategis antara MotionBanking dan MotionPay serta Pos Indonesia ini untuk menjangkau masyarakat unbanked dan underbanked dengan menyediakan layanan aman dan terpercaya yang dekat dari tempat tinggalnya sehingga para pengguna dapat melengkapi kebutuhan finansial sekaligus memberikan kenyamanan perbankan.

Kolaborasi dengan MotionBanking merupakan wujud lebih lanjut dari komitmen Pos Indonesia untuk mengembangkan bisnis serta berpartisipasi dalam upaya nasional meningkatkan inklusi keuangan. Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, mengatakan kerja sama ini semakin melengkapi berbagai layanan yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia baik itu layanan pengiriman barang, dokumen atau kebutuhan akan transaksi layanan keuangan seperti pembayaran berbagai tagihan listrik, air, pulsa, cicilan kendaraan, iuran BPJS Kesehatan, premi asuransi, termasuk setor dan tarik tunai bagi nasabah MotionBanking. “Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan hingga ke seluruh wilayah Republik Indonesia,” ujar Faizal.

Pos Indonesia memiliki jaringan yang luas dengan 4.524 kantor pos di seluruh Indonesia, tersebar hingga ke pelosok nusantara. Didukung dengan akseptasi masyarakat terhadap layanan keuangan digital yang terus meluas, layanan setor tarik tunai kerja sama Motionbanking dan Pos Indonesia akan memungkinkan inklusi keuangan masyarakat di wilayah dengan akses kantor cabang bank yang terbatas.

Melayani dan menjangkau setiap pelosok Indonesia selama lebih dari 275 tahun, Pos Indonesia terus berupaya meningkatkan fondasinya menuju transformasi menjadi organisasi yang berinovasi. Berfokus pada empat pilar layanan utama yang menyediakan layanan kurir dan logistik, bisnis jaringan dan layanan keuangan, properti, dan Pos Financial (PosFin), Pos Indonesia juga tersedia secara digital bagi pengguna melalui aplikasi Pospay dan Pos Aja!, membangun jembatan digital agar lebih dekat dengan pelanggan dan memfasilitasi berbagai kebutuhan layanan jasa keuangan, kurir, dan logistik.  Selain dengan MotionBanking, pada kesempatan yang sama Pos Indonesia juga melakukan penandatanganan dengan MNC Group untuk mempererat kerja sama dengan berbagai bisnis unit MNC Group.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)