Kolaborasi Pemprov Jawa Tengah dan Mbizmarket Kembangkan Blangkon Jateng

Ki-ka: CTO Mbizmarket Herdian Yoki, CEO Mbizmarket Rizal Paramarta, Yuni Astuti - Kabiro Pengadaan Barang Jasa, disela-sela penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama pemanfaatan platform B2B e-commercePemprov Jawa Tengah dan Mbizmarket.

Setelah dipercaya dan dimanfaatkan  di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bali,  dan Jawa Timur sebagai platform e-niaga, untuk pemenuhan pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah, kini platform mbizmarket.co.id berkolaborasi dengan Pemerintah  Provinsi Jawa Tengah.

Pemanfaatan platform B2B e-commerce ini merupakan  standar prosedur di lingkungan pemerintah, untuk memenuhi kebutuhan barang/ jasa pemerintah, sesuai dengan   Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Mbizmarket ini diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama oleh Rizal Paramarta selaku CEO Mbizmarket dan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah . Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan memanfaatkan platform perdagangan elektonik B2B (business to business e-commerce) mbizmarket.co.id melalui program Blangkon Jateng (Belanja Langsung Toko Online) untuk pengadaan barang dengan jasa kebutuhan pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan nilai  belanja maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi.    

Menurut Yuni Astuti, MA, Kepala Biro Pengadaan Barang/ Jasa SETDA Provinsi Jawa Tengah, Blangkon Jateng merupakan Internalisasi perubahan budaya kerja menuju digitalisasi pengadaan barang/Jasa, dengan tujuan memberikan kemudahan dan perluasan usaha kepada usaha kecil, mikro dan koperasi dalam pasar pengadaan barang/jasa pemerintah, mendorong UMK Go Digital, menjadikan pengadaan lebih inklusif, meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, memanfaatkan marketplace dalam Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (PBJP), dan yang tidak kalah penting meningkatkan transparansi dan akuntabilitas PBJP.   

Yuni berharap ke depan kabupaten/kota di Jawa Tengah dapat melakukan digitalisasi pengadaan dengan nilai sampai dengan Rp 50 juta per transaksi melalui marketplace. Ia mengapresiasi kerjasama pemanfaatan platform e-marketplaceMbizmarket dalam  upaya mendorong pengadaan barang/jasa pemerintah ke depan melalui digitalisasi untuk mewujudkan pengadaan barang jasa yang mudah, cepat efisien dan akuntabel.  Saya menaruh harapan besar  platform e-marketplace Mbizmarket  dapat menjadi solusi berbagai hambatan proses pengadaan barang/jasa pemerintah selama ini, dalam upaya mengurangi kerja adminsitratif yang kurang produktif  dan dalam mewujudkan visi 'Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari',“ ujar Yuni.

CEO Mbiz, Rizal Paramarta mengakui pihaknya sangat bangga terpilih untuk mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan transformasi digital pengadaan barang/ jasa di lingkungan pemerintah. Selain menghadirkan infrastruktur teknis untuk dukungan transaksi pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa, Mbiz berharap dapat membantu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Tengah, dengan membuka jaringan pasar bagi UMKM di  Jawa Tengah secara nasional. 

“Kami juga berharap juga dapat membantu mendukung penyaluran modal ke berbagai UMKM di Jawa Tengah melalui fitur layanan pinjaman yang ada di platform Mbizmarket, yang sudah dinikmati manfaatnya oleh banyak UMKM sejak tahun lalu,” katanya. 

Diakui Rizal, dalam menjalin kerjasama dengan pemerintah, Mbizmarket tidak mengenakan biaya apapun, baik ke pihak pemerintah sebagai pembeli maupun kepada penjual/ penyedia. Mbizmarket berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung kebutuhan pengadaan barang/ jasa di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota agar lebih efisien, efektif dan tanpa pembebanan biaya tambahan apapun ke Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Mbizmarket.co.id, merupakan platform e-commerceyang dikembangkan oleh PT Brilliant Ecommerce Berjaya, perusahaan rintisan yang menjadi pionere-marketplace B2B di Indonesia.  Mbiz menghadirkan mbiz.co.id pada 2015,  dengan proposisi sebagai konsolidator vendor/ penyedia,   yang membantu perusahaan besar-menengah di Indonesia, dalam transformasi pengadaan digital pengadaan barang/jasa, untuk mencapai efisiensi, transparansi, penghematan biaya, dan peningkatan proses pengadaan secara keseluruhan.   

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)