Kolaborasi Telkom dan Sabre untuk Dukung Ekosistem Pariwisata Nasional

PT Telkom Indonesia bersinergi dengan PT Sabre Travel Network Indonesia, anak perusahaan PT Garuda Indonesia untuk memasarkan platform digital pariwisata Wonderin.id dan TravelAja. Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid mengatakan,Telkom melakukan transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital melalui tiga pilar yakni digital connectivity, digital platform, dan digital service. “Wonderin.id dan Travelaja merupakan komitmen Telkom memajukan travel dan tourism Indonesia melalui digital service, optimalisasi infrastruktur, dan layanan digital,” kata Fajrin. Selain itu, pihaknya juga fokus dalam mengembangkan layanan dan ekosistem lain seperti ekosistem pendidikan, kesehatan, agrikultur, dan logistik.

Wonderin.id berfokus pada ekosistem pariwisata. Stratup ini berpotensi untuk mendigitalisasi 4.500 agen perjalanan yang selama ini sudah punya kerja sama dengan Sabre, melalui fitur Online Booking Tools (OBT).

Fitur tersebut diharapkan dapat melakukan reservasi inventori pariwisata tidak hanya untuk tiket airline domestik dan internasional, namun layanan akomodasi, lokasi wisata, paket wisata. Hal tersebut dirasa mungkin, karena Wonderin.id telah menerapkan konsep XGDS, yaitu GDS masa depan dan mengakomodasi transaksi semua jenis inventori pariwisata.

Ke depan, OBT ditargetkan akan dapat dipasrkan ke agen perjalanan regional. Dengan proses digitalisasi, agen perjalanan akan bisa ikut dalam program stimulus atau promo dari pihak pemerintah maupun swasta.

Sementara itu, TravelAja merupakan layanan Corporate Travel Management (CTM) memiliki fungsi pengajuan dan persetujuan perjalanan dinas dan pemesanan tiket transportasi, akomodasi di dalam satu aplikasi yang sama. Aplikasi akan bekerja sama dengan agen perjalanan yang ditunjuk perusahaan dan instansi, sehingga bisa dikatakan TravelAja mendukung agen perjalanan yang selama ini sudah melayani pelanggan korporasi.

“Sinergi ini dapat mengoptimalkan potensi kekuatan masing-masing, saling mendukung, dan melengkapi untuk menggarap industri pariwisata khususnya terkait penerbangan dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19 ini,” Direktur Teknik Garuda Indonesia, Rahmat Hanafi. Dia berharap, kerjasama tersebut dapat dieprluas hingga bisnis kargo atau logistik.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)