Kolaborasi Telkomsel dan Kredivo Hadirkan Telkomsel PayLater

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam (kiri) dan CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi (kanan). (Foto: Dok. Telkomsel)

Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT FinAccel Finance Indonesia (Kredivo) mengembangkan solusi layanan keuangan digital Buy Now Pay Later (BNPL), Telkomsel PayLater bagi seluruh pelanggan Telkomsel,  di Jakarta, (19/5). Dengan kolaborasi ini, Telkomsel dan Kredivo akan mengoptimalkan aset ekosistem digital yang dimiliki untuk membuka lebih banyak peluang dengan memberikan kemudahan pembiayaan produk digital terintegrasi, yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun oleh pelanggan melalui aplikasi MyTelkomsel.

"Kolaborasi ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel sebagai enabler untuk membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mendapatkan solusi inovatif berbasis digital yang menyentuh seluruh sektor kehidupan,” ujar  Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam. 

Layanan keuangan digital BNPL menurut Wong saat ini terus mengalami pertumbuhan seiring dengan semakin tingginya adopsi gaya hidup digital masyarakat di tengah pandemi. Berdasarkan riset IDC InfoBrief: How Southeast Asia Buys and Pays, Driving New Business Value for Merchants yang dirilis pada November 2021, transaksi paylater di Asia Tenggara akan mencapai USD 8,8 miliar pada 2025. Pada tahun tersebut, Indonesia berpotensi menjadi pasar terbesar BNPL di Asia Tenggara dengan total belanja masyarakat yang menggunakan BNPL meningkat 8,7 persen dibandingkan tahun 2020. Peluang inilah yang ingin Telkomsel raih melalui kerja sama yang terjalin dengan Kredivo. 

CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi menyatakan, kerjasama ini membawa Kredivo satu langkah lebih dekat untuk mewujudkan visi melayani 10 juta pengguna dalam beberapa tahun ke depan dan pengakuan kepemimpinan Kredivo di industri paylater Indonesia. "Ini menjadi salah satu capaian terbaru kami dalam memberikan layanan paylater white-label kepada mitra yang berfokus di bidang telekomunikasi. Kami berharap fitur paylater ini dapat membantu pengguna untuk menikmati layanan digital terdepan dari Telkomsel,” Umang menjelaskan. 

Sebagai tahap awal, Telkomsel dan Kredivo telah menghadirkan layanan Telkomsel PayLater melalui super apps MyTelkomsel pada April 2022.  Untuk mendorong pemanfaatan solusi digital yang baru dihadirkan, pada tahap awal ini Telkomsel PayLater melalui Kredivo akan memberikan limit hingga Rp 30.000.000 yang bisa diajukan dan didapatkan oleh pelanggan terpilih. Limit tersebut dapat pelanggan gunakan untuk pembiayaan beragam produk Telkomsel, mulai dari pulsa, paket data, produk digital, dan layanan-layanan Telkomsel lainnya.

Telkomsel secara konsisten menghadirkan berbagai inisiatif dalam memperkuat ekosistem keuangan digital nasional dan membuka lebih banyak peluang, antara lain adalah layanan uang elektronik dan dompet digital LinkAja, Telkomsel klop!, Telkomsel redi hingga aksi kolaborasi dan investasi strategis berkelanjutan dengan pemain lending fintech Tanah Air melalui Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).
“Kehadiran Telkomsel PayLater ini menjadi bagian dari upaya kami menghadirkan produk dan layanan digital yang customer-centric. Kami pun berharap, kehadiran Telkomsel PayLater ini dapat memperkuat komitmen Telkomsel dalam mengakselerasi inklusi keuangan nasional melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan sekaligus memberikan kemudahan untuk pelanggan. Telkomsel akan terus membuka peluang kolaborasi lebih luas untuk mengembangkan sektor keuangan digital nasional maupun lintas sektor industri di Indonesia dengan mengoptimalkan aset ekosistem digital yang kami miliki,” tutur Wong Soon Nam.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)