Komitmen Bukalapak Berdayakan Ekonomi Perempuan

Bukalapak percaya bahwa digitalisasi membuka banyak peluang bagi pemberdayaan perempuan dan partisipasi perempuan dalam industri bisnis yang lebih setara.

Melalui Komunitas Srikandi Bukalapak, ribuan perempuan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkarya dalam satu wadah.

Sebagai salah satu langkah besar dalam mewujudkan komitmen Bukalapak untuk memberdayakan ekonomi perempuan ini, Bukalapak menggelar Festival Srikandi Nusantara bertajuk “Buka Kesempatan untuk Perempuan Indonesia”. Kegiatan ini diisi oleh sederet sosok inspiratif, di antaranya Natalia Firmansyah - Chief Financial Officer Bukalapak, Diajeng Lestari - Founder dan Chief Executive Officer Hijup, Hanifa Ambadar - Founder dan Chief Eexcutive Officer Female Daily Network, Dewi Motik Pramono - Duta Koperasi dan Ketua Umum IWAPI, serta Euginie Patricia - Co-Founder dan Creative Director Puyo Desserts.

Natalia Firmansyah selaku Chief Financial Officer Bukalapak, mengatakan, “Festival Srikandi Nusantara ini kami persembahkan untuk seluruh perempuan di Indonesia agar dapat memaksimalkan potensi dirinya melalui beragam kegiatan yang kami hadirkan. Selain itu, harapannya kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi dan wadah untuk saling berkembang antar womenpreneur di Indonesia”.

Menurut Kementerian PPN/Bappenas, perempuan memiliki peranan penting dalam perekonomian. Untuk itu, peningkatan kualitas hidup dan peran perempuan merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan bangsa. Hal ini senada dengan data yang dirilis oleh Mckinsey Global Institute yang mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-7 pada 2030, dan salah satu syaratnya adalah dengan meningkatkan pemberdayaan perempuan di sektor ekonomi.

Menyadari hal ini, Bukalapak sebagai salah satu perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pemberdayaan UMKM, merangkul seluruh perempuan di Indonesia untuk sama-sama mewujudkan mimpi besar ini.

Bukalapak secara konsisten melakukan berbagai kegiatan guna memicu semangat perempuan untuk terus berkarya, diantaranya rangkaian Workshop Srikandi Bukalapak yang telah diselenggarakan di 5 kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Bandung, Semarang, dan ditutup dengan Festival Srikandi Nusantara ini sebagai puncak rangkaian. “Saat ini jumlah Srikandi Pelapak Bukalapak telah mencapai lebih dari 300 pelapak di seluruh Indonesia. Melalui acara ini kami berharap angka para Srikandi Pelapak akan terus bertambah. Karena peran perempuan di era modern ini sangat penting untuk membangun bangsa melalui kemajuan UMKM Indonesia,” tambah Natalia.

Dewi Motik Pramono selaku Duta Koperasi dan Ketua Umum IWAPI mengatakan, era revolusi industri 4.0 ini seharusnya dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh kaum perempuan karena memiliki prospek yang menjanjikan bagi posisi perempuan.

Festival Srikandi Nusantara menyuguhkan beragam talk show inspiratif, di antaranya mengenai cara membangun bisnis yang relevan serta pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan bisnis. Berangkat dari semangat pemberdayaan perempuan, Komunitas Srikandi Bukalapak mengusung slogan ‘Keluarga Terurus Saldo Nambah Terus’.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)