Kondisi Sulit, Ekonomi Indonesia Terus Tumbuh

Meski menghadapi beberapa tantangan jangka pendek, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi menguat di tahun ini hingga 2017 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Asia Development Bank (ADB) pada pemaparannya.

ADB memprediksi PDB Indonesia akan tumbuh hingga 5%. Angka ini memgalami penurunan jika dibandingkan dengan prediksi di bulan maret silam yakni sebesar 5,2%. Sedangkan di 2017, ekonomi Indonesia akan mengalami kenaikan sebanyak 5,1%, turun dari prediksi awal yakni sebesar 5,5%.

adb

Penyesuaian angka pertumbuhan ini disebabkan oleh kurangnya jumlah belanja investasi jika direfleksikan dengan prakiraan sebelumnya. Neski demikian, pertumbuhan ini masih dinilai sehat oleh Sona Shresta, Wakil kepala Perwakilan ADB Indonesia. Alasannya, pemerintah telah melakukan reformasi kebijakan, sehingga akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi ke depannya.

"Dengan makin terwujudnya reformasi kebijakan Indonesia serta membaiknya momentum pertumbuhan negara industri, besar kemungkinan untuk Indonesia mengalami peningkatan lebih lanjut tahun depan," ujar Sena

Demikian pula jika dilihat dari sektor riil dan mikro. Adanya penyesuaian upah minimum yang lebih tinggi, kenaikan nilai penghasilan tidak kena pajak, serta melambatnya inflasi akan mendorong pertumbuhan pengeluaran rumah tangga. Selain itu, adanya pengalokasian APBN yang lebih tunggi untuk disalurkan pada dana desa serta adanya prospek yang lebih baik di sektor pertanian akan meningkatkan pendapatan di wilayah desa.

ADB juga memprediksi bahwa belanja pemerintah untuk infrastruktur akan mengalami percepatan pada paruh waktu kedua tahun 2016. Hal ini sesuai dengan kenaikan pengeluaran menjelang akhir tahun. Meski demikian, secara keseluruhan investasi dan konsumsi pemerintah akan lebih rendah, dikarenakan realisasi pendapatan juga rendah.

Investasi swasta akan memperoleh manfaat dari diterapkannya serangkaian paket reformasi kebijakan. Beberapa perbaikan penting yang dimaksud antara lain adalah dibukanya penanaman modal asing bagi 35 industri tambahan serta penyederhanaan izin usaha secara signifikan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)