Konferensi Maju Digital GoTo Tingkatkan Kompetensi UMKM

Konferensi Maju Digital GoTo menghadirkan 16 pembicara ahli termasuk pemerintah, pakar, hingga pegiat UMKM lokal.

Grup GoTo melalui ekosistem Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial terus berupaya meningkatkan daya saing UMKM lokal lewat pemanfaatan teknologi agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kali ini, GoTo akan mengadakan Konferensi Nasional Maju Digital yang berlangsung besok (13/11/2021) mulai pukul 09.00 WIB di Tokopedia Academy, YouTube Tokopedia Seller, YouTube Mitra Usaha Gojek, Tokopedia Play, dan Goplay.

Konferensi Nasional Maju Digital diklaim merupakan konferensi nasional UMKM lokal terbesar dan pertama dari GoTo yang menargetkan belasan ribu UMKM untuk mengikuti berbagai sesi dengan berbagai topik dalam satu hari. Diharapkan inisiatif akbar ini bisa mendorong kapasitas para pelaku UMKM Indonesia lewat pemerataan pengetahuan berbisnis.

Chief of Corporate Affairs Grup GoTo Nila Marita mengatakan, konferensi ini merupakan bagian dari rangkaian gerakan #BangkitBersama GoTo yang dimulai dengan inisiatif hyperlocal. Harapannya, agar para UMKM tidak hanya bisa survive selama masa pandemi, tetapi juga bisa maju atau terus tumbuh bahkan mendorong pembukaan lapangan kerja.

Nila menyebut, selama pandemi, solusi dari Grup GoTo telah membantu UMKM dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia hingga 2% PDB. Hal ini mendorong pihaknya untuk berkolaborasi dengan mitra strategis, menghadirkan berbagai inisiatif turunan gerakan #BangkitBersama untuk memperkuat kontribusi Grup GoTo terhadap Indonesia.

"Kami sudah mulai dari daerah-daerah melalui inisiatif hyperlocal, besok kami ingin membuat sesuatu yang skalanya nasional dan dilakukan secara digital. Oleh karena itu, kami mengundang seluruh UMKM Indonesia untuk bisa berpartisipasi dalam rangkaian kelas edukatif dan inspiratif sehingga bisa membantu mereka meningkatkan kapasitas baik sebagai individu maupun bisnis," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (12/11/2021).

Konferensi virtual ini menghadirkan 16 pembicara ahli termasuk pemerintah, pakar, hingga pegiat UMKM lokal. Mereka akan memberikan sesi edukatif dan inspiratif menyesuaikan dengan kebutuhan serta skala usaha. Topik yang dibahas seputar memulai bisnis, pengelolaan modal, branding dan pemasaran, lisensi usaha dan masih banyak lainnya yang akan disampaikan dalam 11 sesi. Masyarakat, terutama pegiat UMKM lokal, bisa mengikuti konferensi ini secara gratis dengan mendaftar melalui Tokopedia Academy.

"Kami bagi sesi sesuai skala bisnis, mulai dari beginner, intermediate, hingga advance bagi teman-teman yang usahanya sudah cukup besar tetapi ingin belajar lebih lanjut. Karena materi yang kami bahas berbagai macam, seperti branding dan legalitas usaha. Disini kami berusaha secara virtual untuk mengadakan sesi yang bisa meng-cover semua topik yang sangat penting untuk teman-teman UMKM," jelas AVP of Product-Seller Experience Tokopedia Puput Hidayat.

Lebih lanjut Puput mengungkapkan, sebagai perpanjangan dari Konferensi Nasional Maju Digital, GoTo juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan UMKM lokal menggelar Kelas Maju Digital di Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Jabodetabek dan akan terus bertambah di kota-kota lainnya.

Setiap bulannya, Kelas Maju Digital memberikan pendampingan dan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan bagi UMKM lokal. Mereka juga bisa berbagi wawasan dengan UMKM lainnya lewat Komunitas Partner GoFood , Komunitas Retail GoTo Financial dan Keluarga Tokopedia.

"Di sini kami memberikan pendampingan dan pembekalan dari berbagai macam topik, termasuk topik-topik yang sudah kami sampaikan di konferensi nasional ataupun topik yang lebih detail. Pada dasarnya fokus utamanya adalah untuk pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan agar UMKM lokal itu mampu merajai di negeri sendiri," terang Puput.

Ia pun berharap konferensi ini dapat menjangkau UMKM lokal seluas-luasnya. "Sebenarnya kami menargetkan siapa saja yang mau belajar, karena UMKM ini kan ada yang sudah mulai dan ada juga yang belum, baru mencari tahu. Jadi fokus utamanya adalah mereka yang ingin belajar, berbagi wawasan dan ilmu, mengembangkan bisnis, meningkatkan daya saing, hingga meningkatkan kemampuan berinovasi."

Selama pandemi, lebih dari 4 juta mitra usaha tergabung di ekosistem GoTo - yaitu Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Kemudian 7 dari 10 pelaku UMKM alami kenaikan volume penjualan di Tokopedia; mitra UMKM Gofood mendapatkan kenaikan pendapatan sebesar 66% di tahun 2021; dan selama 2020, mitra usaha GoTo Financial naik 3x lipat dan total transaksi naik hampir 6x lipat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)