Kongres Diaspora Indonesia ke-6 Digelar 14 Agustus, Bahas Pemulihan Pasca Pandemi

Indonesia Diaspora Network (IDN), organisasi nirlaba perkumpulan diaspora Indonesia, akan menyelenggarakan Congress of Indonesian Diaspora (CID) ke-6 pada Sabtu 14 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Said Zaidansyah, Presiden IDN Global, menjelaskan, CID-6 akan terdiri dari rangkaian acara yaitu Seminar, Open Forum, Diaspora Showcase, dan Diaspora Music & Entertainment. Semua pembahasan dan kegiatan akan tergabung dalam koridor bertema ”Post Covid-19 : A Stronger Indonesia with Diaspora”, sebagai bentuk menyikapi situasi terkini dan pasca pandemi.

Dia menerangkan, kongres dua tahunan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk mendekatkan diaspora dengan bangsanya dan sebaliknya, karena diaspora adalah komponen penting bagi negara.

“Kami ingin menyampaikan pemikiran, berinteraksi, diskusi, dengan harapan bisa muncul pemikiran cutting edge yang bisa digunakan oleh pemerintah atau stakeholder lain yang bisa mempertajam public doscourse di indoesia terkait bangkit setelah pandemi. Membangun engagement yang konstruktif,” ujar Said.

Seminar akan terbagi menjadi 5 sesi. Sesi pertama mengangkat tema “Peranan Diaspora Dalam Pembangunan Bangsa di Masa dan Setelah Pandemi”. Sesi kedua bertema “Pekerja Migran Indonesia di Masa Covid-19: Tantangan Kontribusi dan Harapan”. Sesi ketiga “Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia Pasca Covid-19 Agar Bisa Menjadi World Class”. Sesi keempat “Teknologi Yang Akan Menentukan Nasib Indonesia ke Depan”. Sesi kelima “Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi Pada Masa Pandemi”.

“Kelima seminar akan menggabungkan pemikiran diaspora Indonesia di berbagai negara, menggali best practice mereka di sana, dengan orang-orang yang ahli pada bidangnya dari Indonesia,” jelas Yurdi Yasmi, Koordinator acara Seminar.

Sementara itu, Open Forum akan menjadi forum yang interaktif antara diaspora dan publik Indonesia, dan akan ada dialog antara pemangku kebijakan dengan para diaspora di setiap lima sesinya.

Dia melanjutkan, para diaspora juga akan menampilkan beragam bentuk kreativitas, kegiatan, dan pengalaman dari berbagai IDN Chapter/Diaspora Etnis/Komunitas diaspora lainnya kepada para partisipan dalam acara Diaspora Showcase.

Adapun acara juga akan mempersembahkan pertunjukan seni dan budaya yang ditampilkan oleh diaspora Indonesia dari berbagai negara, diaspora talenta, juga Kepala Perwakilan RI di seluruh dalam Diaspora Music & Entertainment. “Acara seni dan musik yang sifatnya menghibur dan memberikan semangat yang merefleksikan kondisi saat ini,” jelasnya.

Dino Patti Jalal, Founder & Chairman IDN Global, menambahkan, kongres diaspora menjadi forum sambung rasa antara diaspora dengan publik di tanah air, serta forum komunikasi antara pemerintah dengan diaspora. Dino juga menegaskan, diaspora tahun ini merupakan peluang yang baik untuk menerangkan “diaspora power”.

“Power di sini artinya the power to connect, the power to create, the power to collaborate, dan the power to contribute. Karena empat hal ini sudah banyak dilakukan diaspora terutama semasa krisis Covid-19 tahun lalu dan tahun ini,” ujar mantan Dubes Indonesia untuk AS tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)