Konsentrasi Bakrie Power untuk Energi Baru dan Terbarukan

Sebagai pemain independent power producer (IPP), PT Bakrie Power menjalankan bisnis kelistrikannya lewat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batubara. PLTU yang berlokasi di Tanjung Bara, Kutai Timur, Kalimantan Timur ini memiliki kapasitas sebesar 3x55 MW.

Menurut Indra Ginting, CEO Bakrie Power, pembangkit listriknya belum lama diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Energi & Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan. Investasi yang dikeluarkan untuk proyek ini lebih dari US$2,2 miliar. “PLTU Tanjung Bara sudah dalam tahap pengoperasian dengan menggunakan peralatan handal yang ramah lingkungan dari dalam negeri dan beberapa negara,” ujarnya mengklaim.

Selain PLTU Tanjung Bara, Bakrie Power yang telah berdiri sejak 1994 juga memiliki beberapa proyek pembangkit listrik lain, yaitu PLTU Tanjung Jati “A” berkapasistas 2x660 MW, PLTP (panas bumi) Sokoria 6x5 MW, PLTP Ngebel 3x55 MW, dan PLTS (tata surya) di Jawa Barat berkapasitas 150 MW. “Semua proyek masih dalam tahap konstruksi dan studi. Jadi, belum terlihat revenue, kecuali untuk PLTU Tanjung Bara yang dioperasikan oleh PT Kalti Prma Coal (KPC),” jelasnya.

Nilai investasi untuk PLTP Sokoria di Ende, Nusa Tenggara Timur, sekitar US$150 juta. Adapun untuk PLTP di Ponorogo, Jawa Timur, biaya investasinya diprediksi mencapai empat kali lipat PLTP Sokoria, sekitar US$600 juta. Sedangkan, PLTS di Jawa Barat 150 MW menelan biaya investasi sekitar US$170 juta. Komitmen Bakrie Power terus menambah kapasitas pembangkit listrik di daerah. Indra yakin kebutuhan akan listrik setiap tahun akan bertambah.

Tantangan terberat yang dihadapi dalam bisnis ini adalah mencari pendanaan lokal yang kompetitif. Selain itu, mencari mitra yang memiliki kompetensi sesuai, dan mendapatkan kontraktor dengan harga berasaing. Sejauh ini, Bakrie Power telah menjawab tantangan pendanaan tersebut dengan mencari dana dari luar negeri yang bersifat green loan (pinjaman untuk pembangkit berbahan bakar ramah lingkungan).

Bakrie Power juga senantiasa berkonsentrasi di bidang energi baru dan terbarukan (EBT) dan berupaya menjadi salah satu pemain besar di Indonesia. Upaya ini dilakukan Indra dan perusahaan untuk mengurangi polusi karbondioksida yang disebabkan oleh pembangkit konvensional.

Reportase: Darandono

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)