Konservasi Energi Grup Astra Hemat Rp408 Miliar

Astra Green Energy Summit 2017 di Jakarta (1/11).

Grup Astra berhasil melaksanakan program pemerintah yaitu konservasi energi dengan melakukan penghematan energi setara dengan Rp408 miliar sepanjang tahun 2017.

Tercatat, kenaikan 141,4% dibandingkan dengan penghematan pada tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp169 miliar. Keberhasilan menghemat energi sebanyak 1.549 terajoule, naik 92% dibandingkan dengan 807 terajoule pada tahun sebelumnya.

Kandungan CO2 yang dihasilkan pabrik Grup Astra juga menurunkan 125.000 ton CO2, bertambah 71% dari tahun sebelumnya sebesar 73.000 ton CO2. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral RI (ESDM), Rida Mulyana,  mengatakan, "Saya mewakili Menteri ESDM mengapresiasi kegiatan yang digelar Astra ini untuk menghemat dan mengonservasi energi. Semoga semakin banyak perusahaan lain yang meniru kegiatan seperti ini,” ungkap Rida.

Penghematan dari konservasi energi disambut PT Astra International Tbk dengan memberikan penghargaan Astra Green Energy Awards dalam Astra Green Energy Summit (AGES) 2017 di Jakarta  (31/10 sampai 1/11).

AGES merupakan wujud nyata dari upaya meningkatkan efisiensi energi dan konservasi, serta mempromosikan teknologi bersih dan industri hijau dalam mencapai bisnis yang berkelanjutan dan keunggulan kompetitif.

“Kami berharap program Astra Green Energy Summit dapat menginspirasi semua pihak untuk melakukan konservasi energi. Program ini sangat penting bagi Astra dan Indonesia. Penghematan energi adalah satu-satunya cara kita dapat memberikan bumi yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia,” tutur Chief of Corporate Communications, Environment and Security PT Astra International Tbk., Pongki Pamungkas.

Pada gelaran AGES digelar juga seminar Astra Green Energy yang membahas peran industri dalam mendukung program energi nasional potong 10% dan sistem manajemen energi di PT Pertamina Hulu Energy. Pembicara pada seminar ini diisi oleh Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral RI (ESDM) Ida Nuryatin dan Vice President Quality, Health, Safety, Security & Environment (VP QHSSE) PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java, Machfud.

Astra juga menggelar satu bulan penuh 'Bulan Astra Hemat Energi' mulai 1 November – 1 Desember 2017. Seluruh perusahaan Grup Astra akan melakukan gerakan hemat energi secara serempak dan dalam bentuk program yang nyata dan terhitung. Melalui penghematan selama satu bulan penuh ini diharapkan dapat meningkatkan awareness dan partisipasi karyawan serta para stakeholder perusahaan akan pentingnya penghematan energi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)