Business Research Trends

Konsisten Terapkan Inovasi Digital, Amar Bank Diganjar Penghargaan Ini

PT Bank Amar Indonesia Tbk. (Amar Bank), sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digital-only bank di Indonesia meraih 2 penghargaan Top Digital Awards. Penghargaan ini diberikan atas komitmen Amar Bank dalam mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih.

Pencapaian ini merupakan bukti kerja keras seluruh tim Amar Bank sejak tahun 2014 yang terus bertransformasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan inovasi teknologi agar dapat berdampak dan mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik. Berkat inovasi yang telah dilakukan, dua penghargaan yang diraih adalah Top Digital Implementation 2020 on Bank Sector #Level Stars 4 dengan predikat sangat baik dan Top Leader on Digital Implementation 2020 untuk Vishal Tulsian, Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk.

Vishal mengatakan, “Kami berharap konsisten melakukan inovasi untuk dapat memberi dampak bagi kehidupan dan meningkatkan taraf hidup. Hal ini sesuai dengan visi kami untuk membawa senyum bagi 200 juta wajah pada tahun 2025 dengan memberikan layanan perbankan bagi mereka yang membutuhkan dan bukan hanya bagi mereka yang menginginkannya.”

Metode penilaian Top Digital Awards 2020 menggunakan ada tiga, yakni melalui kuesioner dan wawancara penjurian, rekomendasi user atau masyarakat, serta melalui market research. Keputusan pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen dalam Sidang Pleno Dewan Juri yang kredibel, seperti Dr. Ir. Ashwin Sasongko Sastrosubroto M.Sc yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Ir. Thendri Suprianto, MBA selaku Ketua Umum CFCD (Corporate Forum of Community Development).

Kegiatan penilaian melibatkan lebih dari 800 perusahaan dan instansi pemerintahan. Kemudian, berdasarkan rekomendasi para pakar, konsultan, dan asosiasi TI Telco ditetapkan 200 finalis. Lalu para finalis diminta untuk mengisi kuesioner tentang keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dan diundang untuk mengikuti wawancara penjurian. Dari 200 finalis, sebanyak 160 finalis yang mengikuti tahapan penilaian secara lengkap.

Ketua Penyelenggara Top Digital Awards 2020, M. Lutfi Handayani, MM., MBA. mengatakan, Amar Bank telah memanfaatkan sejumlah teknologi terkini yang tergolong Industry 4.0 dalam kegiatan operasional internal dan memberikan layanan kepada nasabah mereka. Semoga keberhasilan ini semakin mendorong semangat dan komitmen Amar Bank untuk terus berinovasi meningkatkan implementasi dan pemanfaatan solusi digital sekaligus peningkatan daya saing sehingga kinerja bisnis bisa tumbuh berkelanjutan serta dapat memberikan layanan terbaik bagi konsumen.

Pada periode tahun 2019 hingga 2020, terdapat beberapa kebijakan IT yang banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan ataupun organisasi, diantaranya, migrasi ke cloud platform dengan memanfaatkan teknologi big data sebagai kerangka pengambilan keputusan dan kecerdasan buatan; Microservices architecture transformation; Implementasi DevOps serta Continuous Integration dan Continuous Deployment (CI/CD) Pipeline dalam pengembangan produk; dan Restrukturisasi IT organization berdasarkan pada pendekatan Agile Manifesto.

Chief of Technology Amar Bank, Kevin Kane menjelaskan, pihaknya peduli terhadap kepuasan nasabah dengan terus memperhatikan kebutuhannya. Oleh karena itu, pihaknya secara terus menerus melakukan perbaikan dan penambahan fitur pada produknya. Untuk melakukan hal tersebut, Amar Bank mengadopsi microservices architecture transformation sehingga memungkinkan lebih cepat dan efisien dalam rangka melakukan system development agar dapat terus mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

“Ke depan, melalui teknologi dan transformasi digital perbankan, Amar Bank akan terus berupaya untuk mengembangkan layanan dan produk digital sehingga dapat lebih berdampak untuk kehidupan lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Kami juga akan mengoptimalkan produk inovasi terbaru Senyumku, aplikasi perbankan berbasis Artificial Intelligence dari Amar Bank, yang diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih optimal bagi masyarakat,” ungkap Vishal.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved