Konsumen Indonesia Terdepan dalam Penetrasi Pengalaman Digital

Konsumen Indonesia meraih tingkat tertinggi dalam penerimaan pengalaman digital. Konsumen Indonesia pun merasa nyaman memberikan kepercayaan kepada perusahaan-perusahaan dalam mengakses data personal untuk memperluas jangkauan pengalaman digital mereka. Hasil ini terungkap dalam studi yang dikeluarkan oleh VMware bertajuk ‘Digital Frontiers 3.0 Study.’ 

Menurut studi ini, sejak tahun lalu, 84% konsumen Indonesia sudah beralih ke teknologi digital untuk terhubung dengan brand. Fakta ini menjadikan Indonesia terdepan diantara negara-negara lain di Asia Tenggara yang menjadi target studi dengan angka rata-rata sebesar 78%, bahkan mengungguli sejumlah negara maju lainnya dalam survei tersebut seperti Amerika Serikat 40%, Perancis 41, Jerman 44%, dan Inggris 34%.

Sebanyak 59% target survei di Indonesia menyatakan bahwa mereka merasa nyaman dan tertarik apabila bank mengakses kegiatan mereka, seperti perilaku belanja, nutrisi dan program diet, serta kegiatan melancong dan pergerakan sehari-hari konsumen, sehingga bank dapat memberikan masukan dan pengelolaan finansial yang lebih baik kepada nasabah.

Di sektor ritel, sebanyak 61% konsumen di Indonesia merasa nyaman dan tertarik untuk mempersilakan peritel memiliki akses data, agar ritel dapat menghadirkan pengalaman yang makin relevan bagi konsumen.

Sebanyak 80% responden mengategorikan diri mereka sendiri sebagai digitally curious” atau “digital explorer.” Sementara itu, sebanyak 64% konsumen di Indonesia mengaku bahwa meskipun kejadian-kejadian global di tahun 2020 memaksa mereka untuk beralih ke layanan digital dan merasakan pengalaman-pengalaman digital sebagai konsumem.

Bahkan disebutkan bahwa 56% konsumen menyatakan akan beralih ke produk maupun layanan kompetitor jika pengalaman digital yang mereka rasakan jauh dari harapan.

“Indonesia memperlihatkan komitmennya yang sigap dalam mendukung terwujudnya digital-first di masa depan. Ini ditandai dengan makin tingginya kebutuhan konsumen untuk menikmati layanan dan pengalaman secara digital. Ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk lebih gencar dalam mewujudkan transformasi guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi dari pelanggan mereka,” tutur Country Manager  VMware Indonesia, Cin Cin Go.

Oleh karenanya, Cin Cin menyebut era ini adalah momentum yang tepat bagi perusahaan untuk ikut serta bertransformasi dan memperkuat kapabilitas mereka dalam mengembangkan dan menghadirkan pengalaman digital terbaik.

Bahkan ke depan, digital experiences menjadi faktor krusial yang menentukan sejauh mana daya saing sebuah perusahaan dalam mendorong akselerasi pertumbuhan di tengah lingkungan bisnis yang dinamis dengan lokasi tersebar.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)