Kopi Kenangan Raih Pendanaan Seri B US$109 Juta

Kopi Kenangan berhasil meraih pendanaan Seri B senilai US$109 juta yang dipimpin oleh Sequoia Capital. Adapun investor baru dalam pendanaan ini adalah B Capital, Horizons Ventures, Verlinvest, Kunlun, Sofina, dan Alpha JWC.

Pendanaan ini direncanakan akan digunakan untuk memperkuat operasional, meluncurkan produk baru, investasi teknologi, dan melindungi karyawan di tengah pandemi Covid-19.

Edward Tirtanata, salah satu pendiri dan CEO Kopi Kenangan, mengatakan bahwa sulit untuk mengetahui kapan industri di Indonesia akan kembali berjalan normal.

“Meski keadaan mulai membaik, bisnis akan menjadi sangat berbeda. Sebagai startup yang sedang tumbuh, kami beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan ini melalui penjualan tanpa kontak dan standar kebersihan. Kami juga akan memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mengatasi perubahan yang terjadi saat ini.” kata dia.

Perusahaan rintisan ini juga akan mendorong pengusaha F&B lokal dengan teknologi, investasi, dan bimbingan melalui program akselerator untuk industri makanan, Digitarasa. Untuk membantu mempercepat pertumbuhan Kopi Kenangan, Eduardo Saverin, salah satu pendiri perusahaan media sosial Facebook, akan bergabung sebagai salah satu Dewan Direksi.

Keputusan ini diharapkan akan membawa transformasi di dalam perusahaan. "Saya menantikan kerja sama dengan Kopi Kenangan untuk membangun brand global yang merayakan cita rasa Indonesia dan Asia Tenggara," kata Eduardo.

Sebelumnya, perusahaan telah mengikuti pendanaan Seri A sebesar US$20 juta pada Juni 2019 yang dipimpin oleh Sequoia Capital dan pendanaan awal pada 2018 yang dipimpin oleh investor lokal Alpha JWC.

Pada bulan Desember 2019, Kopi Kenangan juga mengumumkan perluasan pendanaan Seri A dengan investasi tambahan dari antara lain Arrive, perusahaan Roc Nation, Serena Ventures, pemain basket ternama Caris LeVert, dan CEO & Co-Founder Sweetgreen, Jonathan Neman.

Saat ini, Kopi Kenangan mengoperasikan 324 toko dengan 3.000 karyawan. Ke depan, perusahaan berencana untuk membuka 500 toko sampai akhir tahun 2020 dan akan mengembangkan cloud kitchens-nya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)