Kosmetik Lokal Makin Berjaya, Ini Deretan Brand Pilihan Konsumen | SWA.co.id

Kosmetik Lokal Makin Berjaya, Ini Deretan Brand Pilihan Konsumen

Industri kosmetik lokal semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk merawat penampilan. Data Kementerian Perindustrian RI menyebut, kontribusi industri kosmetik termasuk industri kimia, farmasi dan obat tradisional terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

Dalam upaya mempromosikan produk kosmetik lokal, Tokopedia kembali menghadirkan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023. Ajang penghargaan yang telah hadir sejak tahun 2020 ini menjadi upaya Tokopedia untuk mengapresiasi serta mengusung produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh terbaik pilihan masyarakat Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki.

Sepanjang 23 Oktober-19 November 2023, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi. “Dalam menentukan para pemenangnya, kami menggandeng para pengguna Tokopedia untuk voting kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya,” ungkap Vice President of Physical Goods Tokopedia David Kartono saat acara penghargaan di Jakarta, Rabu (06/12/2023).

Dari ratusan ribu suara tersebut, terpilih 32 pemenang di kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh. Pemenang dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan, hingga perkembangan produk mereka, seperti seberapa sering dicari oleh masyarakat.

"Tahun ini kami hadirkan 32 kategori dari sebelumnya 25 kategori. Ini dikarenakan antusiasme (kosumen) terhadap produk kecantikan dan perawatan tubuh yang semakin besar sehingga kami pun sangat ingin mengapresiasi para pelaku industri kosmetik di Indonesia," tambah Marina Anggraini, AVP FMCG Tokopedia.

Dalam kesempatan yang sama, Beauty Expert dan Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf mengungkapkan, selain menawarkan formula yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan kulit masyarakat Indonesia di mana termasuk iklim tropis, kini para pelaku usaha di industri kosmetik lokal makin inovatif dalam menawarkan produk terbaik kecantikan dan perawatan tubuh.

Bahkan menurutnya, inovasi yang dilakukan brand lokal saat ini sudah in-line dengan tren global. "Jika ingin menggunakan produk kekinian, sudah banyak sekali pilihannya dari brand lokal. Tentunya ini sangat menggembirakan dan ke depan potensinya akan semakin besar," ucap Affi.

Bagian dari grup GoTo ini pun mencatat, jumlah transaksi produk perawatan wajah naik hampir 2 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi. Sementara, jumlah transaksi produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat.

Dari segi jumlah penjual, pada periode yang sama, produk perawatan tubuh mengalami kenaikan jumlah penjual hampir 2 kali lipat. Sedangkan dari segi jumlah pembeli, Tokopedia mencatat jumlah pembeli produk kecantikan naik hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, jumlah pembeli produk perawatan tubuh melonjak lebih dari 4 kali lipat.

“Selama semester I 2023 kami mencatat beberapa produk yang paling laris. Misalnya di kategori produk Perawatan Wajah serta Kecantikan, produk yang paling laris adalah cleanser wajah, serum wajah dan krim wajah, sedangkan produk yang paling laris di kategori produk Perawatan Tubuh yaitu sabun mandi, shampoo dan parfum,” ungkap Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli.

Berikut daftar pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023:

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)