Kredit UKM Danamon Beri Andil 20% di Kuartal I 2017

Kesempatan UKM untuk mendapatkan pinjaman modal sangat terbuka luas. Banyak bank di Indonesia menyediakan fasilitas pinjaman kepada mereka untuk membantu pengembangan usahanya, salah satunya Bank Danamon. Danamon menggunakan kriteria segmen UKM berdasarkan plafon pinjaman yang dimiliki debitur di Danamon. Bahkan untuk nasabah baru, Danamon menyiapkan kredit UKM hingga Rp 20 Miliar. Kini total nasabah UKM yang telah didanainya lebih dari 10.000 nasabah dan untuk tahun 2017 sendiri Danamon telah membiayai sekitar 600 nasabah baru. Tercatat pertumbuhan pengusaha yang berhasil mendapat pendanaan dari Danamon pertahunnya sekitar 5-10%.

Menurut Gunawan TE, SME Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk., tahun 2016 total pembiayaan kredit UKM Danamon mencapai Rp 27 miliar dengan komposisi 100% kredit UKM yang produktif. Bunga yang diberikan dimulai dari 9% dengan variasi berdasarkan tingkat risiko dan produk kredit yang diberikan. “Nilai NPL UKM Danamon cukup stabil di kisaran 3%. Assesment yang kita lakukan terhadap UKM Danamon dengan mengaplikasikan konsep 5C ; yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Conditions, “ ujarnya. Danamon memberikan relationship manager untuk memegang khusus kredit UKM ini karena merekalah yang menjaga hubungan bank dengan debitur. Selain itu, terdapat tim credit analyst yang membantu melakukan assessment untuk kredit UKM.

Menurut Gunawan, kredit UKM memberikan andil sekitar 20% terhadap total kredit perusahaan di Kuartal I 2017 dan kontribusi keuntungan dari segmen UKM kepada perusahaan sejalan dengan kontribusi kredit yang disalurkan dalam segmen ini. Bagi Danamon, UKM menjadi segmen pasar yang diprioritaskan karena memiliki potensi besar ke depan. Hubungan baik dengan debitur dan memberikan solusi senantiasa menjadi keperluan dasar yang diberikan Danamon untuk keperluan usaha dari sisi pembiayaan maupun transaksi finansial. Salah satu upayanya adalah memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi finasial bagi para pebisnis melalui Danamon Connect. “Danamon Connect diluncurkan 17 Mei 2017 lalu, aplikasi digital berbentuk layanan transaksi keuangan terpadu ini akan memudahkan dan membantu nasabah segmen Enterprise Banking (Korporasi, Komersial, Financial Institution, serta Usaha Kecil dan Menengah),” ungkapnya.

Dengan Danamon Connect, nasabah memegang kendali dalam mengelola arus perputaran kas, kapan dan dimana saja, guna menghasilkan pertumbuhan usaha yang optimal. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu usaha dari pebisnis untuk lebih maju dan “naik kelas.” Perkembangan positif dari UKM Danamon ditandai dengan permintaan limit kredit yang lebih tinggi dari nasabah existing.

Danamon begitu concern pada UKM karena merekalah tulang punggung perekonomian Indonesia. UKM terbukti tangguh dalam menghadapi krisis perekonomian dibandingkan ekonomi konglomerasi.. Kredit UKM-lah yang dapat dianggap sebagai penopang ekonomi Indonesia. Maka dari itu, Danamon selalu bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung UKM Indonesia melalui sinergisitas kebijakan yang diambil.

Reportase: Anastasia Anggoro Sukmonowati

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)