Kredivo Soroti Pengusaha Pemula Milenial di Kalimantan Barat

Kredivo kembali menyelenggarakan Generasi Djempolan, yaitu program edukasi melek keuangan digital bagi milenial yang sebelumnya diluncurkan pada November lalu.

Kali ini, Generasi Djempolan hadir di Kota Pontianak. Head of Business Development Kredivo, Lily Suriani mengemukakan Pontianak memiliki ekosistem strategis yang mendukung pertumbuhan pengusaha pemula dari kalangan milenial.

“Data internal Kredivo menunjukkan penggunaan Kredivo di Kalimantan Barat tahun 2020 meningkat 30% disbanding tahun lalu. Sebanyak 42,2% pengguna melakukan transaksi e-commerce dan 19,4% untu personal loan di mana mayoritas dana digunakan untuk modal usaha,” jelas Lily dalam konferensi pers virtual (2/12/2020).

Ia menambahkan, Kredivo mesti berhati-hati dalam penyaluran pembiayaan dan mengajak pengguna untuk bijak dalam menggunakan pembiayaan tersebut.

Analisis Eksekutif Senior Grup Inovasi Keuangan Digital OJK, Dino Milano menjelaskan komitmen OJK untuk terus meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital khususnya di kalangan milenial.

“Seiring peningkatan jumlah penyaluran kredit di Kalimantan Barat, literasi keuangan digital semakin penting khususnya di daerah Pontianak. Apalagi hadirnya generasi milenial bahkan generasi Z yang ingin memaksimalkan produktivitas sebagai pengusaha pemula,” paparnya.

Adanya sinyal positif pertumbuhan pengusaha muda pemula di Pontianak, sebut Lily, harus disertai tiga kriteria utama Generasi Djempolan yakni set priority: yaitu dapat menentukan prioritas dan batasan sesuai kemampuan yang dimiliki. Kemudian value over price yakni memahami nilai dari pengelluaran dan pemanfaatan keuangan, bukan hanya karena murah namun juga memiliki nilai. Terakhir adalah best of both worlds: tech-savvy sekaligus memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan (financial savvy).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Kredivo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)