Kronologi Upaya Pemerintah Gaet Tesla Berinvestasi di RI

Sebuah mobil listrik Tesla Model S terlihat dalam terpajang di Seoul, Korea Selatan, 6 Juli 2017. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

Kelanjutan rencana investasi dari perusahaan otomotif Amerika Serikat, Tesla, di Indonesia menjadi pertanyaan setelah kabar perusahaan milik Elon Musk itu akan memproduksi mobil listrik di India.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Jodi Mahardi, menyatakan pemerintah akan tetap melobi Tesla Inc. “Dengan Tesla kan dari awal pembicaraannya untuk bidang lain,” ujar Jodi seperti dikutip, Ahad, 21 Februari 2021.

Namun Jodi tidak memaparkan secara detail perkembangan terkini pembahasan kerja sama dengan Tesla tersebut. “Tapi saya tidak bisa komentar lebih jauh. Mohon maklum,” ucapnya.

Pernyataan Jodi menanggapi kabar Tesla yang kini tengah mendekati tahap akhir untuk mencapai kesepakatan memproduksi mobil listrik di India. Lokasi itu akan menjadi basis produksi perusahaan Elon Musk yang ketiga setelah Amerika Serikat dan Cina.

Berikut ini adalah kronologi langkah pemerintah untuk menarik Tesla berinvestasi di Tanah Air.

1. Lobi Jokowi

Pada akhir 2020 lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang CEO Tesla Elon Musk untuk melihat Indonesia sebagai lokasi fasilitas landasan peluncuran roket SpaceX, serta membicarakan berbagai peluang investasi di Tanah Air.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)