KYT, Helm Lokal yang Mengglobal

Ditilik dari namanya KYT, adalah helm lokal. Kiprahnya pun kalah populer dengan helm branded, seperti Nolan, Shoei, Arai, AGV atau sejenisnya. Namun, siapa sangka bila helm yang sering dijumpai toko-toko asesoris motor itu ternyata telah go international, dan kerap menggandeng pembalap-pembalap mancanegara yang berkiprah di ajang balap Moto GP, Superbike dan Motocross. KYT Thunderflash

KYT merupakan buatan lokal, tepatnya diproduksi di wilayah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat oleh PT Tara Kusuma Indah (TKI). Selain untuk kebutuhan di dalam negeri --sudah ratusan item produk dan beragam jenis helm diproduksi-- helm ini juga membuat produk khusus yang memiliki spesifikasi mumpuni bahkan berstandar untuk MotoGP. Di ajang Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair) 2017 lalu, KYT meluncurkan produk terbarunya, yakni KYT Thunderflash, model yang diklaim sesuai dengan standar moto gp.

Menurut Direktur PT TKI, Henry Tedjakusuma, pihaknya berkomitmen untuk memproduksi atau mengembangkan helm yang aman dan nyaman dipakai oleh pemotor. Selain itu, TKI juga ikut berpartisipasi di berbagai kegiatan balap, sebagai ajang pembuktian kualitas KYT. "Kami berkomitmen untuk selalu mengembangkan helm yang aman dan juga nyaman di kepala. Hal ini juga tidak lepas dari dukungan kami kepada para pembalap yang berlaga di MotoGP, Moto2 dan Moto3 serta para pembalap Tanah Air," ungkap Henry saat peluncurannya di kawasan JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/6/2017). Andrea Ianone, pembalap Moto GP asal Italia dari Tim Ecstar Suzuki saat membalap untuk Tim Ducati tahun lalu pernah menggunakan helm KYT.

Helm KYT Thunderflash ini merupakan helm tipe full face composite yang termasuk dalam kategori 'Professional Racing Helmet'. Pelindung kepala ini terbuat dari bahan composite carbon aramidic yang dikombinasikan dengan bahan aramidic (kevlar), carbon dan fiber glass. Komposisi bahan ini membuat bobot Thunderflash cukup ringan hanya 1,35 kg. Meski ringan Thunderflash cukup kuat dan aman.

Thunderflash memiliki empat ventilasi masuk, dua bagian bawah dan dua bagian atas, serta empat ventilasi keluar di bagian belakang. Bagian vision helm dibuat dari bahan Polycarbonate anti scratch di bagian luar, anti fog bagian dalam dan UV Protection Visor, serta dibuat dengan proses thermoformed sheet yang difabrikasi di Italia.

KYT Thunderflash yang telah mengaplikasikan DD-Ring retention system dengan sertifikasi ECE 22.05 dan SNI ini dijual dengan harga antara Rp 3,3-3,5 juta. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)