Langkah Jitu Oppo Ads Optimalkan Strategi Iklan Brand Semasa Pandemi

Berdasarkan data per Maret 2021, sepanjang tahun 2020, PT DTI (Digital Technology Advertising Indonesia) berhasil menunjukan kinerja keuangan sehat dengan mendobrak tantangan lockdown dan kelesuan ekonomi. Hal tersebut terlihat dari peningkatan tajam setinggi 120% dibandingkan total pencapaian pada tahun 2019. Salah satu strategi cerdas yang digencarkan adalah mengarahkan strategi pemasaran para klien (perusahaan, korporasi, dan/atau brand) untuk mengalokasikan dana pemasaran dari media perantara tradisional  ke media perantara digital sepanjang tahun 2020. Semua prestasi ini dituai oleh  DTI yang memiliki satu entitas yang sama dengan Oppo Ads.

DTI merupakan perusahaan penyedia pemasaran berbasis OEM (Original Equipment Manufacturer atau produsen peralatan asli) terbesar di Indonesia yang secara khusus beroperasi memasarkan media inventaris Oppo Smartphone (App Market, Browser, Theme Store, dan Lock Screen). Sebagai satu-satunya perusahaan penyedia OEM Ads di Indonesia untuk kanal periklanan inventaris Oppo, DTI telah bermitra dengan sekitar 108 merek yang bergerak diberbagai sektor, seperti e-commerce, gaming, perbankan, otomotif, aplikasi hiburan, aplikasi O2O, telekomunikasi, FMCG, dan sebagainya.

Menurut pengakuan Sherly Luo, VP Sales & Marketing DTI, kesuksesan dalam mengukir prestasi mencapai 220% sepanjang tahun 2020 merupakan manifestasi nyata pemahaman unggul akan perilaku Oppo smartphone user. “Dengan Oppo, kami menerapkan contoh praktek sukses dari pasar Tiongkok ke peta digital nasional di Indonesia. Hal tersebut disertai dengan integrasi menyeluruh dalam objektif bisnis yang diselaraskan dengan kondisi pasar dan kebutuhan pengiklan. Selain itu, tersedianya paket strategi kampanye digital yang fleksibel namun tetap memenuhi target pemasaran dari klien kami pun menjadi kunci pokok kesuksesan kinerja bisnis kami sepanjang tahun 2020,” jelas Sherly.

Selama masa pandemi, mayoritas warga Indonesia menjalankan WFH total. Sebagian besar aktivitas pun bermuara pada kegiatan daring. Oppo Ads mencatat bahwa DAU (Daily Active User) ponsel pintar Oppo meningkat antara 32% hingga 40%. Selain itu, durasi pemakaian ponsel (screen time) juga meningkat sekitar 20% dari biasanya.

Tingkat penggunaan aplikasi pada pengguna ponsel pintar Oppo pun datang dari kategori e-commerce yang meningkat hingga 30% dan kategori news & entertainment, seperti video pendek atau gaming yang meningkat antara 10 - 30%. Selain itu, jumlah unduh aplikasi di Oppo App Market (platform atau toko aplikasi ekosistem cerdas cetusan Oppo yang menyediakan jajaran aplikasi) juga mengalami peningkatan signifikan antara 15 - 35%. Hal ini menandakan bahwa dampak pandemi dan WFH membuat kegiatan masyarakat sehari-hari pun banyak dihabiskan di dalam ruang digital.

“Fokus utama kami dalam menjalani 2020 adalah dengan mengubah trajektori bisnis dan mencoba untuk melihat tantangan sebagai kesempatan dan peluang dalam menjalankan bisnis. Salah satu kunci pokok adalah pemahaman tingkah laku pengguna dan penyesuaian skala prioritas perusahaan guna berbaur dalam situasi tersebut. Hal ini menjadikan Oppo Ads mampu bertahan, bahkan berkembang lebih cepat di tahun 2020,” tambah Sherly.

Menurut Sherly, dalam menyesuaikan era baru di masa pandemi saat ini, Oppo Ads telah mantap menghadirkan strategi fleksibel yang terpapar dalam tiga pilar utama, yaitu: Right Direction, Right Campaign Product dan Right Campaign Packages.

Sejak awal Kuartal I/2021, Oppo Ads telah berhasil memperluas portofolio dengan menyambut kehadiran 15 klien baru. Berdasarkan rencana kerja lanjutan pada Kuartal II hingga akhir 2021, OPPO Ads berupaya untuk memperluas jangkauan sektor ke O2O hingga perusahaan startup baru. Jaringan luas pengguna ponsel pintar Oppo dapat bermanfaat dalam akuisisi dan meningkatkan pengguna aplikasi.

Sebagaimana yang telah terbukti sepanjang tahun 2020, bahwa akselerasi digitalisasi kegiatan masyarakat yang berpusat pada digital nirkabel, maka peran Oppo Ads juga turut mendukung dan membantu industri baru dalam mendapatkan user growth dan branding exposure melalui performance dan branding campaign dengan Oppo App Market dan Oppo Browser yang direncanakan secara matang sesuai dengan kebutuhan masing-masing industri. Hal ini juga sabagai bahan dukungan dari usaha pemerintah dalam mewujudkan visi “Digital Energy of Asia” untuk Indonesia.

“Ponsel pintar Oppo dinobatkan sebagai ponsel nomor satu di pasar Indonesia pada Kuartal III/2020. Angka ini menjadi bukti nyata bahwa kompetisi itu akan selalu ada dan pencapaian serta target akan selalu berubah,” ujar Sherly mengklaim.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)