Management Trends

Langkah Strategis di Era Baru Merekrut Calon Pemimpin Perusahaan Melalui Medsos

Kalibrr sebagai perusahaan teknologi yang merevolusikan proses rekrutmen perusahaan dan jasa employer branding turut menerapkan transformasi digital sebagai bagian dari strategi jitu agar dapat beradaptasi pada perubahan rekrutmen konvensional ke rekrutmen daring dalam mencari kandidat yang tepat, yaitu menggunakan strategi publikasi melalui media sosial yang dapat dimanfaatkan kapan saja dan di mana saja.

“Di tengah situasi pandemi yang serba online kini, rekrutmen perusahaan dituntut untuk bisa menyesuaikan diri sesuai dengan keadaan new normal yang terjadi saat ini. Bagi sebagian perusahaan, tentu saja fakta ini bisa menjadi sebuah tantangan,” ujar Brigita Shela, penanggung jawab pelaksanaan proyek dan kampanye dari Kalibrr Indonesia. Menurutnya, perusahaan harus memiliki strategi khusus agar informasi penyebaran rekrutmen dan brand perusahaan dapat tersebar secara masif dan efektif. Hal ini diperlukan bagi perusahaan untuk menjangkau kandidat terbaik di Indonesia secara lebih luas dan merata.

Kesempatan penggunaan media sosial (medsos) dalam rekrutmen didukung pula oleh pertumbuhan jumlah pengguna media sosial yang terjadi di Indonesia, terutama di kalangan milenial dan Gen Z. We Are Social mencatat, pengguna media sosial aktif di Indonesia berada di angka 170 juta jiwa atau sekitar 61,8% warga Indonesia telah melek teknologi dan menggunakan media sosial, presentase ini jauh di atas rata-rata dunia. Oleh karena itu, sosial menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mempromosikan berbagai hal, salah satunya untuk kampanye rekrutmen bagi beberapa perusahaan.

Penggunaan media sosial dalam kampanye rekrutmen bisa menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan jika ingin menyasar jangkauan yang lebih luas dan memiliki target jumlah pelamar yang tinggi dalam setiap lowongan pekerjaan yang dimiliki. Hadirnya perusahaan melalui media sosial tak hanya berperan dalam menjangkau kandidat yang lebih luas, namun juga dapat memperluas tingkat kesadaran kandidat sehingga akhirnya memutuskan untuk bergabung ke dalam perusahaan.

Mendistribusikan kampanye rekrutmen kepada audiens yang luas dan kompleks dapat menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi perusahaan yang belum mendalami media sosial untuk mengkomunikasikan informasi seputar rekrutmen. Perusahaan memerlukan strategi dan kiat-kiat khusus seperti perencanaan konten, pemilihan media yang tepat, penargetan audiens yang akurat, hingga pengukuran dan pelacakan metrik kampanye secara berkala.

Kalibrr telah membuktikan bahwa optimalisasi kampanye media sosial dapat mendukung keberhasilan proses rekrutmen perusahaan. Tak hanya dapat menjangkau lebih banyak calon kandidat, kampanye media sosial juga bisa membangun relasi dan interaksi secara langsung dari perusahaan kepada audiens untuk mengenal informasi seputar kebutuhan dan cara kerja perusahaan. Melalui kampanye media sosial, hal-hal yang ingin disampaikan perusahaan pun dapat disalurkan dengan cara yang lebih kreatif, inovatif dan tech-savvy.

Kebutuhan dari setiap perusahaan akan berbeda, sesuai dengan tujuan dan sasaran kampanye rekrutmen yang dilaksanakan. Langkah pertama yang dilakukan Kalibrr dalam penyusunan kampanye media sosial adalah menyelaraskan komunikasi terkait persona dan branding yang ingin disampaikan perusahaan. Kalibrr meyakini bahwa gaya komunikasi perusahaan adalah hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kampanye media sosial untuk dapat menarik dan menjangkau skala yang besar. Setelahnya, dilakukan pemilihan dan penargetan audiens kampanye. Membangun dan menargetkan target persona merupakan hal yang sangat krusial. Perlu adanya pemilihan keyword spesifik yang ampuh dan relevan dengan kebutuhan calon kandidat.

Pemilihan channel dan platform yang tepat untuk target audiens juga perlu disesuaikan dan dimaksimalkan sesuai kebutuhan perusahaan. Dalam implementasi kampanye media sosial, Kalibrr merekomendasikan mitra-mitranya untuk menunjukkan sinergi antar channel guna memiliki company presence dalam berbagai platform, seperti Facebook, Instagram, LinkedIn dan juga Search Engine.

Berangkat dari brand guideline perusahaan, Kalibrr kemudian mempersiapkan beberapa alternatif desain dan copywriting yang konsisten dengan tujuan rekrutmen. Alternatif desain dan copywriting inilah yang nantinya akan diuji melalui proses bernama A/B testing. Pengujian A/B testing pada dasarnya merupakan eksperimen di mana dua alternatif kampanye ditampilkan kepada pengguna. Menggunakan analisis statistik, pengujian ini bertujuan untuk menentukan alternatif aset yang bekerja lebih baik untuk sasaran konversi tertentu. Kampanye yang tampil dan memiliki performa paling baik kemudian akan dioptimalkan selama sisa waktu kampanye. Dengan demikian, perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan kapabilitas publikasi media sosialnya mendapat kemudahan melalui servis hulu ke hilir (end-to-end) yang ditawarkan Kalibrr.

Salah satu perusahaan yang menggunakan jasa Kalibrr dalam pelaksanaan rekrutmen melalui kampanye media sosial adalah Bank Central Asia (BCA). Kampanye ini telah berhasil menjangkau jutaan pengguna dan mendorong kandidat yang relevan untuk mendaftar selama periode rekrutmen dilaksanakan. Pencapaian ini tentu saja juga membantu BCA untuk mendapatkan database dengan proses yang efektif dan efisien. Melalui kehadirannya di media sosial pula, BCA berhasil menciptakan peluang dan mewujudkan jenjang karir impian bagi pencari kerja di manapun mereka berada secara interaktif dan menarik.

“Kalibrr dapat memahami kebutuhan kami dan mengeksekusi ide-ide dengan menarik, tepat waktu dan terstruktur. Kami sangat menghargai etos kerja yang kuat dari tim Kalibrr dalam kesuksesan program-program rekrutmen di BCA. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Kalibrr lagi untuk mengelola acara kami berikutnya,” ujar Saraswati Prima, Human Capital Management Division dari Bank Central Asia.

Kini, dengan kemudahan akses digital melalui berbagai platform dan channel yang bisa dinikmati, kampanye media sosial juga dapat meningkatkan persepsi dan tingkat kesadaran kandidat terhadap perusahaan secara digital dan real-time. Dengan adanya online company presence, perekrut bisa dengan mudah menjalin koneksi dan berinteraksi dengan calon potensial kandidat secara langsung, dan harapannya dapat menjadi perusahaan pilihan di antara para pelamar.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved