Marketing Trends

Langkah Tokopedia Jadi Panggung Bagi UMKM Makmin Sehat

Kesadaran masyarakat menjaga kesehatan diri dan keluarga makin meningkat sejak pandemi melanda dunia. Salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh tetap prima adalah dengan asupan bergizi.

Tokopedia melalui kampanye Tokopedia Nyam! terus membantu pegiat usaha, khususnya UMKM lokal makanan dan minuman (makmin) sehat dari seluruh daerah di Indonesia, untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam diskusi menyambut Hari Gizi yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2023 mengatakan jumlah transaksi makmin sehat yang terjadi melalui Tokopedia Nyam! naik hampir 2 kali lipat di tahun 2022. “Jus lemon, biji-bijian seperti chia, granola, madu hingga sereal menjadi beberapa makmin sehat yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2022,” ungkapnya.

Menurut Ekhel, dibutuhkan kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan demi mendorong pertumbuhan UMKM makmin sehat agar menjadi tuan di negeri sendiri. Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan Tokopedia untuk mendekatkan penjual-termasuk di industri makmin sehat-dengan pembeli di mana pun mereka berada. “Contoh manifestasinya, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar di dalam kota dan sekitarnya. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota,” jelas Ekhel.

Selain itu di Tokopedia menghadirkan fitur Bagikan Alamat yang memungkinkan masyarakat mengirim hampers, termasuk hampers makmin sehat, dengan lebih mudah melalui aplikasi Tokopedia sehingga tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual.

Berkat deretan inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik seputar makmin sehat di 2022. Kampar (Riau), Pringsewu (Lampung), Tabanan (Bali), Dumai (Riau) dan Buleleng (Bali) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi makmin sehat paling tinggi.

Di sisi lain, wilayah dengan peningkatan penjual makmin sehat paling tinggi adalah Kotawaringin (Kalteng), Lampung Timur (Lampung), Indragiri Hulu (Riau), Bukittinggi (Sumbar) dan Musi Banyuasin (Sumsel). Sementara itu, Bengkalis (Riau), Lampung Tengah (Lampung), Demak (Jateng), Kubu Raya (Kalbar) dan Buleleng (Bali) mengalami lonjakan pembeli makmin sehat paling tinggi pada 2022.

Loka Padang (Jakarta) dan Rumah Mocaf (Banjarnegara) adalah contoh UMKM lokal makmin sehat yang juga terus mendukung pemenuhan gizi nasional dan ketahanan kesehatan masyarakat.

Irene Umar melalui Loka Padang berinovasi dengan menciptakan berbagai olahan masakan khas Nusantara berbahan dasar nabati. “Kami menggandeng ahli gizi internal untuk memastikan seluruh makanan Loka Padang tetap sehat dan bergizi dengan tidak menggunakan MSG, perasa, pewarna dan pengawet,” jelasnya. Penjualan Loka Padang juga naik hingga 2 kali lipat sejak bergabung di Tokopedia.

Saat membangun Loka Padang, Irene Umar hanya berbekal modal minim hingga pengalaman dan relasi yang belum mendalam dan luas, namun dengan keyakinan dan kegigihan, Irene berhasil untuk mendirikan Loka Padang pada 2018. Loka Padang sendiri berkonsep rumah makan Nusantara dengan menyediakan berbagai jenis makanan yang berbahan nabati atau vegan. Sepanjang 2022, jumlah transaksi toko Loka Padang di Tokopedia bisa naik hingga 2 kali lipat dibandingkan 2021.

Riza Azyumarridha Azra, di sisi lain, menggandeng ratusan petani singkong melalui Rumah Mocaf di Banjarnegara untuk membuat modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diolah menjadi berbagai makanan yang lebih sehat, misalnya, mie, cookies dan masih banyak lagi. “Berkat Tokopedia, produk Rumah Mocaf yang dipasarkan dengan merek Mocafine bisa dikenal lebih banyak masyarakat, bahkan jumlah transaksi toko bisa naik 25 kali lipat di 2022,” ujar Riza.

Rumah Mocaf didirikan oleh Riza untuk menghadirkan berbagai jenis makanan sehat terbuat dari tepung singkong atau modified cassava flour (mocaf) bebas gluten. Rumah ini pertama kali dirintis sebagai program pemberdayaan petani singkong di Banjarnegara, Jawa Tengah pada tahun 2014. Proyek ini berkembang menjadi industri berbasis sociopreneur sejak tahun 2017 dan Riza telah bekerja sama dengan 650 petani dengan karyawan 35 orang.

Rumah Mocaf juga memanfaatkan kanal digital Tokopedia agar produk para petani singkong bisa dijangkau oleh lebih banyak masyarakat. Sejak bergabung, jumlah transaksi toko Rumah Mocaf di Tokopedia bisa naik hingga 25 kali lipat dibandingkan 2021.

Ekhel mengatakan fokus Tokopedia adalah menjadi jembatan masyarakat dengan UMKM. “Sejak pandemi, makanan dan minuman adalah industri yang paling konsisten pertumbuhannya Kami menyediakan panggungnya, UMKM yang bersemangat dengan produk-produknya yang oke agar tercapai biaya terjangkau dalam logistik, distribusi, payment yang sebelumnya menjadi tantangan bagI UMKM,” terangnya,

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved