Lark Dukung Generasi Kolaborasi Bekerja Lebih Efektif

Gambar ilustrasi

Riset IDC Future of Work Collaboration menyebut dominasi generasi milenial porsinya lebih dari 50\% di lapangan kerja saat ini. Dan generasi ini disebut sebagai generasi kolaborasi, mengingat mereka menjadikan Real time collaboration telah menjadi sebuah standar baru.

Generasi ini menginginkan kecepatan dan bentuk kolaborasi yang praktis, juga tepat sasaran. Disamping itu, mereka merasa lebih nyaman dan produktif jika mereka tidak merasa “sendirian”. Berbeda dengan generasi pendahulunya, yang dianggap lebih mandiri dan individualis.

Di masa lalu, proses dan alat kolaborasi bukan faktor penting bagi perusahaan, namun saat ini bagaimana menciptakan kolaborasi yang baik menjadi kunci keberhasilan sebuah usaha. Menjawab tantangan untuk dapat memaksimalkan potensi dari generasi kolaborasi, Lark, sebuah platform kolaborasi dengan fitur lengkap penunjang produktivitas kerja hadir sebagai solusi. 

Lark mengedepankan real time collaboration dalam setiap fiturnya, sehingga setiap individu dapat bekerja dan saling berkolaborasi secara bersamaan tanpa hambatan jarak dan waktu. “Generasi kolaborasi tumbuh dewasa dengan teknologi, mereka sudah sangat terbiasa menggunakan teknologi dan mereka pun membutuhkan teknologi yang dapat membantu mereka berkolaborasi dan menciptakan ruang kerja yang produktif," kata Joey Lim, Lark VP of Commercial Asia.

Joey menjelaskan perusahaan perlu beradaptasi dan melakukan transformasi digital. Hal ini memang masih menjadi tantangan bagi sebagian besar perusahaan. "Sesuai dengan riset Future of Work Collaboration yang kami lakukan bersama IDC, tercatat hampir 60\% perusahaan di Indonesia masih menerapkan metode manual dalam berkolaborasi, dimana mayoritas dari mereka masih minim pengetahuan tentang teknologi," imbuhnya.

Lalu wabah COVID-19 di Indonesia, yang memaksa orang bekerja di rumah, lanjut Joey, banyak perusahaan mulai menyadari betapa pentingnya sebuah platform kolaborasi yang dapat mengakomodir segala kebutuhan mereka. Dan bagi generasi kolaborasi, penerapan platform kolaborasi justru dapat semakin meningkatkan perfoma dan kreatifitas mereka.

Teknologi telah memainkan peranan penting untuk menciptakan proses kolaborasi yang baik. Dangan sarana yang tepat akan memungkinkan generasi kolaborasi untuk dapat terhubung dan berkolaborasi dengan tangkas dan nyaman sehingga dapat tercipta peningkatan produktivitas. Hal ini tidak hanya berguna untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, melainkan ini juga dibutuhkan oleh segala lini usaha.

Hal senada juga disampaikan oleh PT Diamond Food Indonesia, salah satu perusahaan yang dikenal menghasilkan berbagai macam produk makanan dan minuman favorit hampir 300 juta masyarakat Indonesia, yang memutuskan untuk bertransformasi secara digital dan menerapkan platform kolaborasi untuk menunjang performanya.

"Kami memiliki berbagai divisi, dengan rentang usia yang beragam, dari generasi muda hingga generasi yang cukup senior. Komunikasi dan kolaborasi yang baik antar lini merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang produktivitas kerja, dan bukan hal yang mudah untuk menciptakan sinergi yang baik," kata Joanito Iwan, CIO PT Diamond Food Indonesia.

Namun sejak Diamond mengimplementasikan Lark, Joanito mengungkapkan, kendala komunikasi dan kolaborasi yang sebelumnya kami hadapi dapat teratasi. Menurutnya, Lark mampu menjadi pusat kendali yang memungkinkan tahapan kerja berjalan secara otomatis seperti proses approval, alur kerja, data pengeluaran, juga data kehadiran.

"Salah satu yang menjadi aspek penting adalah kemudahan user interface dan fitur yang dimiliki, karena kami membutuhkan platform yang bisa diakses oleh semua lini dan usia. Dengan Lark, kolaborasi yang harus dilakukan di antara lebih dari 7.000 karyawan menjadi lebih efektif," tuturnya.

Lark merupakan sebuah platform kolaborasi yang diciptakan untuk dapat membantu setiap penggunanya agar dapat tetap saling terhubung, di manapun mereka berada, secara real time. Lark menyediakan berbagai fitur seperti Messenger, Video Call, Docs & Sheets, Penyimpanan Cloud, Kalender, dan Mail yang terintergrasi.

Hal ini bertujuan  untuk menunjang kolaborasi dan meningkatkan produktivitas. Salah satu fitur utama yaitu Lark Video Call, yang memungkinkan pengguna melakukan konferensi video secara gratis dan dapat menampung hingga 100 partisipan. 

Lark Video Call dapat dipergunakan untuk sesi webinar maupun workshop dalam sebuah perusahaan. Untuk menunjang real time collaboration, fitur ini dilengkapi dengan magic share, dimana pengguna dapat saling mengirim dokumen sekaligus mengeditnya secara bersamaan disaat melakukan video call. Dan yang terbaru Lark juga menghadirkan kemampuan untuk membuat video meeting livestream pada Youtube dan Facebook.

Untuk sarana komunikasi Lark menyediakan Lark Messenger, yang di desain untuk dapat memaksimalkan komunikasi antar anggota dalam grup. Melalui Lark Messenger, pengguna bisa membuat grup sesuai kebutuhan dengan kapasitas sampai dengan 5.000 anggota. Selain itu fitur unlimited searchable chat history memungkinkan anggota baru dalam grup untuk mendapatkan informasi dari diskusi sebelumnya di grup tersebut. 

Lark Messenger juga dapat digunakan untuk menelepon, memeriksa jadwal kolega, mengirim dokumen — semuanya dalam jendela obrolan. Dan untuk mempermudah proses komunikasi, Lark Messenger dapat menterjemahkan pesan secara otomatis dari lebih dari 100 bahasa ke dalam bahasa Inggris, Cina, Jepang, dan Thailand.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)