Layanan VoLTE Ini Meluas Hingga Bogor dan Sidoarjo

Telkomsel memperluas layanan VoLTE  (Voice over Long Term Evolution), setelah sebelumnya melayani wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Surabaya, kini menjangkau Bogor dan Sidoarjo. Layanan ini juga merupakan upaya Telkomsel memperkuat langkah menuju implementasi 5G di Indonesia.

Untuk mendukung layanan ini, Telkomsel menambah rekanan penyedia ponsel penyedia layanan VoLTE yaitu Xiaomi. Kala diluncurkan, layanan ini sudah menggat Samsung, Huawei, dan Vivo untuk penyedia ponselnya.

Pada tahap soft launch ini, layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan secara terbatas oleh sekitar 300.000 pelanggan yang memenuhi syarat (whitelist customer). Layanan VoLTE ini merupakan upaya Telkomsel melanjutkan langkah menuju implementasi 5G di Indonesia.

“Sebagai leading digital telco company, Telkomsel berupaya untuk terus menjadi yang terdepan dalam mengahdirkan inovasi teknologi seluler terkini di Indonesia, yang salah satunya diimplementasikan melalui layanan VoLTE. Kehadiran layanan tersebut diharapkan mampu memperkuat roadmap perusahaan dalam menghadirkan layanan jaringan 5G di Tanah Air kedepannya, serta melanjutkan konsistensi Telkomsel dalam penerapan teknologi jaringan terdepan, mulai era 2G, 3G, dan hingga 4G saat ini. Upaya tersebut sejalan dengan tekad Telkomsel memaknai usia ke-25 tahun untuk terus hadir mendampingi masyarakat menjalani berbagai perkembangan di setiap fase kehidupan,” jelas Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro (19/06/2020) melalui keterangan persnya.

Pada tahap soft launch ini, layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan secara terbatas oleh pelanggan terpilih (whitelist customer) yang memenuhi beberapa syarat yaitu berada di wilayah jangkauan VoLTE Telkomsel, telah menggunakan kartu yang mendukung jaringan 4G Telkomsel (uSIM), serta menggunakan perangkat yang telah memiliki kapabilitas layanan VoLTE. 

Selanjutnya, pelanggan cukup mengaktifkan fitur VoLTE melalui menu pengaturan perangkat, yang kemudian akan diikuti dengan munculnya tulisan “VoLTE” pada status bar. Dengan demikian, pada tahap soft launch diperhitungkan akan ada sekitar 300.000 whitelist customer  yang dapat menikmati keunggulan layanan tersebut.

Setyanto menambahkan tahap soft launch juga menjadi momen untuk melakukan uji coba terhadap keandalan layanan VoLTE Telkomsel serta pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan tersebut.

Sebagai upaya untuk mengakselerasi adopsi layanan VoLTE sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menggunakan layanan tersebut, Telkomsel juga akan menghadirkan promo paket kuota VoLTE yang akan tersedia dalam waktu dekat. Selain itu, pelanggan juga tetap  bisa menikmati paket khusus Talkmania VoLTE, dengan tambahan kuota menit telepon VoLTE pada paket Talkmania bulanan. Dan pelanggan bisa melakukan aktivasi layanan ini via aplikasi MyTelkomsel.

Vice President Sales and Care Strategy Telkomsel Andri Wibawanto menegaskan meskipun sudah ada layanan telepon OTT (over the top) seperti Whatsapp, yang sudah lebih dulu dikenal, kehadiran ini bukan hal yang sia-sia.

Alasannya di jaringan Telkomsel masih banyak pelanggan menggunakan panggilan suara berbasis 2G dan 3G, yang merupakan pelanggan lagacy Telkomsel. Layanan ini diharapkan secara perlahan bisa memindahkan layanan voice layanan panggilan OTT ke VoLTE.

Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, Adhi Putranto meyakini potensi menggarap layanan telepon ini cukup besar, mengingat pelanggan Telkomsel 50% lebih masih suka menggunakan layanan panggilan biasa dibanding melalui OTT. Lagi pula VoLTE Telkomsel memiliki keunggulan kompetitif dengan suara lebih jernih ketimbang menelpon melalui OTT serta akses data internet tidak terganggu saat menelepon.

“Pelanggan selalu menjadi prioritas kami dalam memberikan solusi teknologi yang mampu mendukung kesehariannya. Kami berharap, prinsip customer-centric sebagai landasan kuat menghadirkan layanan VoLTE mampu memberikan kemudahan dan nilai lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi dengan fitur suara namun tetap terhubung ke jaringan internet dengan nyaman," ujarnya. Telkomsel optimistis ayanan VoLTE dapat mendukung pelanggan untuk tetap produktif dan memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup digitalnya, terutama di tengah masa penyesuaian diri terhadap kenormalan baru sebagai dampak penanggulangan pandemi COVID-19.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)