Marketing Trends zkumparan

Lazada Gandeng Rumah Sayur Sediakan Sayur Mayur Segar

Lazada bekerja sama dengan Rumah Sayur Group (RSG) meluncurkan laman khusus untuk pembelian sayur mayur dari hasil panen 2.500 petani binaan Desa Sejahtera Astra-Institut Pertanian Bogor (IPB University) di Jawa Barat.

Bobby Gandasaputra, EVP Commercial FMCG Category Lazada Indonesia, memaparkan bahwa di bulan Ramadhan biasanya kebutuhan akan sembako dan pangan meningkat pesat. Namun, saat ini, distribusi dan ketersediaan bahan makanan tersebut mengalami keterbatasan pergerakan akibat wabah Covid-19.

“Kami meningkatkan ketersediaan sembako dan bahan pangan segar di platform kami melalui kerjasama dengan berbagai Lembaga,” kata dia. Sebelumnya, platform telah bekerjasama dengan Badan Logistik Nasional (BULOG) untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok.

Memang, saat ini Lazada sedang memfokuskan diri untuk menjual bahan pangan pokok seiring dengan berubahnya pola belanja masyarakat dari yang tadinya membeli barang-barang yang diinginkan menjadi dibutuhkan. Bahan makanan segar ini, nantinya, dapat langsung diantar dengan jasa pengiriman instan dalam waktu 3 jam.

Tubagus Diahinnur Hadikusma, VP Sales & Product Rumah Sayur Group, mengatakan, kapasitas penjualan RSG mengalami penurunan sejak merebaknya wabah Covid-19. “Biasanya, kami dapat menjual 10 ton -12 ton per hari, kini menjadi 3 ton – 4 ton per hari,” ujarnya. Kerjasama ini diharapkan dapat meluaskan pasar Rumah Sayur Group, sehingga para petani dapat memproduksi sayur mayur dengan baik, meskipun di tengah himpitan wabah Corona.

Selain Rumah Sayur Group, konsumen juga dapat membeli sayur-mayur segar dari laman Cari Sayur, yang merupakan koperasi pedagang Pasar Induk di bawah PasKomNas (Pasar Komoditi Nasional). Ke depan, platform juga akan bekerjasama dengan Pasar Mitra Tani, Duta Milenial, Kostratani dan Ayomart yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian.

“Kami ingin para penjual lokal dan tradisional tidak hanya dapat menjual produk mereka di platform online, namun juga mendapatkan sukses komersial secara nasional” tutup Bobby.

Sebagai tambahan, Rumah Sayur Group merupakan unit usaha penjualan sayuran segar yang dikelola oleh Desa Sejahtera Astra dan Pembinaan Petani Muda (Destra Agro), Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier, IPB University.

Destra Agro sendiri bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di bawah naungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang bertugas untuk membina dan mengembangkan 2.500 mitra tani yang tersebar di 6 kabupaten dan 53 desa di Jawa Barat. Pengembangan program ini melibatkan mahasiswa dan alumni muda IPB University dengan konsep One Village One CEO.

Saat ini, Rumah Sayur Group memiliki kios di area Jakarta Selatan. Namun, sejak penerapan PSBB bahan-bahan segar ini dipusatkan di gudang yang terletak di wilayah Depok dan tetap dapat dibeli melalui platform Lazada.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved