Lebih dari 1.000 Pelaku Industri Kreatif Ramaikan BCA UMKM Fest 2023 | SWA.co.id

Lebih dari 1.000 Pelaku Industri Kreatif Ramaikan BCA UMKM Fest 2023

Pembukaan BCA UMKM Fest 2023

KM, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar penyelenggaraan kali ketiga, BCA UMKM Fest 2023 dengan tajuk "Jadi #ANDALANLOKAL". 

BCA UMKM Fest 2023 akan diselenggarakan secara hybrid. Kegiatan offline  dilaksanakan di Gandaria City, Jakarta pada 9-13 Agustus 2023. Sedangkan gelaran online akan dibuka ke publik pada 12 Agustus hingga 12 September 2023 mendatang, yang bisa diakses melalui umkmfest.bca.co.id  bekerja sama dengan Blibli dan Grab.

“Sebagai institusi perbankan yang senantiasa di sisi nasabah, BCA berkomitmen untuk mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang. Melalui BCA UMKM Fest 2023, kami menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM. Dorongan BCA bagi UMKM merupakan wujud komitmen kami melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan membantu segala kebutuhan pelaku UMKM dari aspek transaksi penjualan, operasional perusahaan, ataupun pembiayaan UMKM melalui Kredit Multiguna Usaha (KMU) edisi UMKM Fest dengan suku bunga efektif mulai dari 3,12% p.a. berlaku hingga 1 Oktober 2023,” ujar Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA pada seremoni pembukaan, Rabu (9/8) di Main Atrium, Gandaria City, Jakarta. 

Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulan, BCA menghadirkan lebih dari 50 merchant dalam penyelenggaraan offline, dan sekitar 1.400 pelaku UMKM dan industri kreatif dari berbagai sektor, seperti makanan dan minuman, seni dan kerajinan, fesyen, kesehatan dan kecantikan, hingga travel.

BCA juga menghadirkan Desa Binaan BCA, antara lain Desa Gemah Sumilir yang menyajikan kain batik andalan, Desa Wukirsari dengan kerajinan wayang kulit, hingga menjelajah hutan digital di Desa Peramun melalui Virtual Reality (VR). Hadir juga BCA Travel Service sebagai bentuk dukungan BCA terhadap gerakan bangga berwisata #Di-Indonesia-Aja.

"Kami mengapresiasi BCA yang sudah mendukung UMKM Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa koperasi dan UMKM merupakan sokoguru utama perekonomian di negara ini. BCA selalu menjadi pendukung utama bagi Kementerian Koperasi dan UMKM dalam mengembangkan sektor ini lebih maju lagi” ujar Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UMKM Fiki Satari.

Angka 65,4 juta UMKM di Indonesia sama sekali bukan angka yang sedikit. Dengan kontribusi sekitar 61% dari PDB, UMKM berhasil menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia. Fakta tersebut menempatkan UMKM di strata yang begitu penting di perekonomian negara. Hal ini sejalan dengan komitmen BCA yang terus mendukung pertumbuhan UMKM dengan penyaluran KUR BCA dan program pengembangan UMKM bertajuk #BanggaLokal. Program ini tidak hanya membantu UMKM dalam hal promosi dan marketing, tapi juga edukasi serta akses modal kerja guna meningkatkan kualitas produk mereka. Hingga Juni 2023, BCA telah menyalurkan kredit komersial dan UMKM sebesar Rp219,2 triliun, tumbuh 10,9% YoY.

Melalui BCA UMKM Fest 2023 BCA ingin mengajak konsumen untuk merayakan perkembangan UMKM di Indonesia, dengan mendukung dan memperkuat ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM. Acara ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jaringan bisnis, mempromosikan produk dan jasa mereka, serta meningkatkan eksposur merek secara lebih luas ke publik.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)