Level Keterlibatan Pegawai Masih Ideal di Masa Pandemi

Andrew How, Market Leader Kincentric. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA)

Keterlibatan (engangement) pegawai di era pandemi Covid-19 masih terjaga di level yang ideal lantaran perusahaan menerapkan kebijakan yang fleksibilitas dengan menerapkan bekerja di rumah (work from home/WFH dan bekerja di kantor (work from office/WFO). Kebijakan ini, selain untuk menangkal penyebaran pandemi Covid-19, turut memacu keterlibatan yang meningkatkan produktivitas pegawai.

Hal ini tecermin dari hasil yang diperoleh PT Bank DBS Indonesia dan PT Cipta Kridatama yang dinobatkan sebagai “Best Employer” di Indonesia untuk tahun 2020. Menurut Kincentric Best Employers Program yang mengukur dan menilai perusahaan-perusahaan yang menunjukkan keunggulan dalam lingkungan kerjanya. Bank DBS juga menjadi pemenang regional untuk penghargaan tersebut. Bank DBS dan Cipta Kridatama dievaluasi dalam empat bidang utama, yakni Employee Engagement, Organizational Agility, Engaging Leadership, dan Talent Focus.

Andrew How, Market Leader Kincentric, menyebutkan di saat karyawan sedang melalui masa yang penuh ketidakpastian, ditambah lagi situasi kerja jarak jauh, sangatlah penting untuk perusahaan agar terus melibatkan karyawannya. “Para perusahaan yang Best Employers kita tahun ini, yakni Bank DBS dan Cipta Kridatama telah menunjukannya dengan baik. Komunikasi dan keterlibatan sangatlah penting untuk memastikan kepuasan karyawan, yang dapat menghasilkan minat dan retensi karyawan yang lebih tinggi, terutama di tengah masa transformasi lingkungan kerja,” tutur Andrew dalam pemaparan virtual di Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Andrew mengapresiasi kedua perusahaan ini yang menunjukkan prestasi di masa yang sangat unik dan penuh tantangan ini. “Kami berharap mereka serta perusahaan-perusahaan lainnya pun akan terus berjuang untuk meraih kesuksesan di tahun yang ini,” ujarnya. Perusahaan-perusahaan di urutan teratas tersebut terus mengoptimalkan keterlibatan karyawan, yang mana karyawan-karyawan di perusahaan itu merasa 13% lebih terlibat bila dibandingkan dengan perusahaan atau organisasi lain.

Salah satu faktor pendorong dari keterlibatan karyawan yang kuat adalah lingkungan kerja yang kondusif, yang menerima keragaman latar belakang dan cara berpikir, seperti yang dikemukakan oleh 99% karyawan dari perusahaan-perusahaan yang menempati urutan teratas tersebut. Karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan urutan terasa tersebut merasakan adanya tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap kepemimpinan manajemen perusahaan, yang mana 94% dari mereka menegaskan bahwa pihak pimpinan di perusahaan mereka memberikan arahan yang jelas untuk masa depan. Selain itu, 96% dari mereka setuju bahwa sikap kepemimpinan perusahaan mereka memberikan motivasi tentang masa depan perusahaan.

Sebesar 93% karyawan menyatakan bahwa perusahaan mereka sangat terbuka dan transparan dalam berkomunikasi. Ini semakin menekankan pentingnya kepemimpinan dan komunikasi yang terbuka antara perusahaan dan karyawan di tengah pandemi.  Karyawan-karyawan tersebut juga telah menyatakan kepuasannya dalam hal keadilan dan pertumbuhan. Hal ini mengungkapkan bahwa mereka mendapatkan upah yang cukup atas kontribusinya kepada perusahaan (91%) dan perusahaan berhasil mengidentifikasi serta mengevaluasi kekuatan masing-masing karyawan dan membantu mereka untuk terus berkembang (97%).

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)