Lika-Liku Indofood Sukses Menunggangi Sport Event

    Fierman Authar Head of Consumer Engagement Corporate Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Sport Event kini sudah banyak digunakan pemilik merek untuk meningkatkan brand engagement dengan konsumennya. Salah satu yang sudah merasakan suksesnya membangun brand engagement melalui kegiatan olah raga atau sport event adalah Indofood.

Maka itu, Indofood sangat total dalam mendukung Asian Games 2018 melalui kampanye Satukan Tekad dan Semangat Indonesia. Selain Asian Games 2018, ada beberapa kegiatan olah raga lain yang didukung Indofood.

Menurut Fierman Authar, Head of Consumer Engagement Corporate Marketing PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., sport marketing di luar negeri bukan hal baru. Sedangkan di Indonesia yang cukup sukses dilakukan ada pada event sepakbola, apalagi pihak profesional sudah cukup banyak berpartisipasi.

“Saat ini kami menjadi sponsor utama tujuh klub sepakbola. Awalnya hanya tiga klub yaitu Persib Bandung, Bali United, Celebest FC Palu, setelah kami melihat suksesnya brand engagement dengan mendukung klub sepakbola, tahun ini kami menambah empat klub yaitu PSMS Medan, PSIS Semarang, Arema Malang dan PSS Sleman,” kata Fierman saat ditemui selepas konferensi pers Indofood Turut Sukseskan Pawai Obor Asian Games bersama para atlet dan masyarakat di Warung UpNormal Indofood Tower (13/07/2018).

Agar setiap event olah raga yang dfidukung terlihat perkembangan kinerjanya, Indofood melakukan brand health tracking secara rutin. “Salah satu faktor pengukur dalam brand health tracking adalah consumer engagement. Kami melihat kerja sama Indofood dengan klub-klub sepakbola ini sangat bagus, consumer engagement-nya bagus, bagaimana tidak, pertandingan sepakbola kan massa-nya sangat besar. Contohnya Persib Bandung itu fans based-nya mencapai 10 juta,” terang pria lulusan S2 UI ini.

Bersama Bali United, lanjutnya, pihaknya melihat dan mengambil pelajaran bagaimana klub sepakbola dikelola dengan sangat profesional. “Perkembangan event olah raga di Indonesia sangat cepat, kami mendapatkan manfaat apalagi jika pemain-pemainnya aktif juga di media sosial, karena memang sudah jamannya. Jadi interaksi pemain dengan konsumen atau masyarakat sebagai target audience beragam macamnya,” tuturnya.

Untuk event Asian Games 2018 sendiri, Indofood salah satu sponsor yang sangat aktif. Dikatakan Fierman, sejak bulan April pihaknya sudah turut melakukan kampanye. “Kalau Anda bandingkan dengan brand lain, kami paling aktif dan konsisten. Secara korporat kami punya kampanye Satukan Tekad dan Semangat Indonesia, kami membawa tiga brand di event Asian Games 2018 ini yaitu Indomie, Popmie dan Indomilk,” ungkapnya.

Jadi, kalau dilihat pesan komunikasi yang disampaikan Indofood dalam kampanye marketing di Asian Games 2018 pesannya sama. Mulai dari konferensi pers, sosial media, kampanye digital, TVC, digital video, pasang di cinema juga, kami benar-benar mendukung agar Asian Games 2018 ini gaungnya ke mana-mana. Kami ingin menjadi tuan rumah yang baik dengan mendorong pesannya ke mana-mana, apalagi host ada di dua kota Jakarta dan Palembang,” terangnya.

Kesempatan Indonesia untuk bersinar tidak boleh dilewatkan melalui event besar Asian ini. Fierman mengakui dengan mendukung event ini membuat  brand awareness bukan hanya naik di Indonesia saja, tapi hingga ke negara-negara lain, utamanya di negara-negara Asian. Terutama untuk merek-merek yang menjadi ikon Indonesia seperti Indomie, akan makin kuat awareness-nya di negara-negara lain.

Indofood juga mendukung lari marathon dunia Bintan Ironman, yang tahun ini sudah masuk tahun ketiga. “Tahun ini akan ada juga Bintan Ironman kembali di Bintan Resort yang pembukaannya akan berlangsung bersamaan dengan Asian Games,” ujarnya. Di event ini merek-merek Indofood yang terlihat untuk brand engagement adalah Indomie yang melambangkan semangat, Indomilk sebagai bagian pemenuhan nutrisi pelari dan Club Water sebagai official drink-nya. Ada juga dukungan Indofood di event bulutangkis tapi sayangnya saat ini tidak lagi menjadi sponsor utama.

Fierman menegaskan, yang paling penting dalam mendukung  olah raga atau sport event setelah planning atau perencanaan yang bagus adalah eksekusi. “Dalam event olah raga itu penting pada sebuah merek how to make it happened 90% itu ada di eksekusi. Dukung event olah raga itu bukan sekadar pasang brand di jersey, tapi juga bagaimana 360 activity-nya di event, public relations, juga digital, kerjaannya sangat detil dan intens,” katanya. Kendalanya memang pada kekurangan sumber daya, investment dan sebagainya, tapi kalau eksekusinya bagus, kendala itu bisa teratasi.

“Saya tidak bilang bahwa Indofood eksekusinya keren, tapi kami dari planning hingga implementasi kami jagain, agar apa yang direncanakan itu terjadi,” katanya. Makanya, untuk dukungan Indofood di 7 klub sepakbola, pihaknya membuat kampanye digital video di Youtube masing-masing klub, juga di kanalnya Indofood. Mengingat target audience Indomie yang dibuatkan video dengan klub Bali United dan Persib Bandung adalah para milenial.

“Di kampanye digital video para pemain klub sepakbola kami libatkan. Sampai saat ini ada dua video untuk Bali United dan dua video Persib Bandung,” tuturnya. Menurut Fierman tahun depan pihaknya juga sudah bersiap untuk event olah raga besar yang didukung Indofood. Sayang ia menolak berapa belanja iklan untuk event-event olah raga. Sedangkan untuk sponsorship di event Asian Games 2018 diungkap salah satu pengurus INASGOC yang hadir pada konferensi pers US$ 10 juta.

Selain mendukung olahraga, untuk program consumer engagement ada dua pilar lain yang digunakan yaitu musik dan seni. Untuk acara musik, targetnya lebih ke acara-acara pentas seni SMP dan SMA. Sedangkan untuk seni,  Indofood memilih meletakan dukungannya pada dunia film. Film terakhir yang disponsori Indofood adalah film Kulari ke Pantai besutan Riri Riza dan Mira Lesmana melalui merek Indomilk dan Qtela. Sebelumnya juga ada film Rocker Bali Kampung dan film Banda.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)