Lima Tips Work For Home Ala Tokopedia

Menanggapi isu kesehatan global yang saat ini terjadi, Tokopedia mengajak seluruh masyarakat untuk mengkampanyekan #DiRumahAjaDulu sebagai gerakan bersama melawan Covid-19.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyampaikan, per 16 Maret 2020, pihaknya sudah mewajibkan seluruh karyawan bekerja dari rumah satu minggu penuh. “Upaya ini ditujukan untuk mendukung penanganan Covid-19 agar lebih maksimal, sejalan dengan instruksi Presiden Indonesia,” ungkapnya dalam rilis di Jakarta, Selasa (17/03/2020).

Agar tetap produktif walau bekerja dari rumah, Tokopedia membagikan lima tips yang dapat diikuti oleh masyarakat. Pertama, menyiapkan tempat kerja yang nyaman. Bekerja dari rumah bisa memanfaatkan berbagai ruangan yang ada. Pastikan ruangan tersebut minim distraksi. Anda bisa menggunakan meja dan kursi yang tersedia, lebih disarankan yang ergonomis demi menjaga kesehatan tulang belakang atau memanfaatkan meja lipat jika misalnya harus bekerja di atas tempat tidur.

Kedua, pastikan perlengkapan kerja memadai. Mulai dari alat tulis, gelas untuk minum, kertas coretan hingga handphone, pastikan semuanya tersedia dan mudah dijangkau. Hal ini untuk mendukung kenyamanan Anda selama bekerja di rumah.

Ketiga, disiplinkan diri. "Minimnya pengawasan menuntut karyawan mendisiplinkan diri secara mandiri, maka dibutuhkan rencana kerja atau to-do-list harian yang jelas. Termasuk di dalamnya mengatur waktu istirahat untuk makan atau mengecek media sosial secara bijaksana agar produktivitas tetap terjaga,” ujar Ekhel.

Keempat, jadwalkan online meeting secara berkala. Anda bisa memanfaatkan platform digital untuk membuat panggilan video dan suara agar komunikasi antara rekan kerja tetap berjalan efektif. Sebaiknya jadwalkan juga online meeting pada pagi dan sore hari agar seluruh rekan kerja dapat saling mengetahui pekerjaan yang akan dan sudah dilakukan.

Kelima, selalu standby dan aktif responw. Kecepatan dalam merespons dinilai Tokopedia dapat meningkatkan efektivitas dalam penyelesaian pekerjaan bersama tim.

“Masyarakat di sisi lain dapat mengakses layanan Tokopedia seperti biasa, mengingat saat ini belanja online bisa menjadi alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal terus beroperasi secara online,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)