Line Dorong Pelaku Industri Kreatif dengan Line Creativate 2016

Platform social messenger asal Jepang, Line yang kini telah memiliki 90 juta user di Indonesia kembali menghadirkan Line Creativate 2016 sebagai ajang kompetisi kreatif terbesar dari Line se-Asia Tenggara. Line Creativate 2016 merupakan ajang kompetisi kreatif bagi talenta lokal Indonesia untuk berpeluang ikut serta, mengeksplorasi, dan mengembangkan potensi melalui kompetisi-kompetisi kreatif, serta meningkatkan daya saing para kreator Line dalam rangka pembangunan digital creative ecosystem.

LINE

Sejak hadir di Indonesia pada 2013, Line telah aktif mendukung dan berkolaborasi dengan masyarakat Indonesia dalam menyediakan layanan dan konten yang relevan dengan budaya dan kebutuhan lokal. Line percaya bahwa potensi kreatif Indonesia akan semakin berkembang dan Line akan terus mendukung insan kreatif Indonesia agar berkarya melalui platform digital.

Adapun per Agustus 2016, saat ini sudah terdapat 48.577 kreator stiker Line asal Indonesia dan 88 judul Webtoon. Line Webtoon adalah sebuah platform komik digital yang kini telah terdapat 6 juta pembaca aktif per bulannya. Di antara judul komik yang ada, 36 komik adalah buatan lokal dengan jumlah 40 orang komikus resmi yang dikontrak oleh Line. Sedangkan dari Line Games terdapat 30 games dengan lebih dari 10 juta download per game di Indonesia.

“Untuk mendorong semangat serta memotivasi talenta lokal berkompetisi dan mengeksplorasi kreativitas yang dimiliki, Line Creativate 2016 akan menghadirkan kompetisi Line Webtoon (komik digital), Line Sticker (ilustrasi stiker), serta untuk pertama kalinya di Indonesia, bekerja sama dengan Dicoding, Line menghadirkan kompetisi Game Developer,” ujar Ongki Kurniawan, Managing Director Line Indonesia di Qubicle Space, Jakarta (6/9).

Acara ini menjadi salah satu strategi Line untuk menjadi platform komunikasi dominan yang digunakan oleh para milenial dan relevan dengan kehidupan sehari-hari penggunanya. Line menargetkan 10.000 partisipan kompetisi kreatif dari Line Creativate 2016. Hadiah yang diberikan kepada pemenang yakni bagi juara pertama mendapat Rp 50 juta, juara kedua Rp30 juta, juara ketiga Rp20 juta dan 7 besar mendapat Rp 5 juta untuk kompetisi Webtoon dan Sticker.

“Melalui kompetisi Line Creativate 2016, kami ingin membuka peluang bagi para insan kreatif Indonesia untuk me-monetize, terhubung, dan menampilkan karyanya ke pasar lokal dan internasional,” kata Ongki mengakhiri pembicaraan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)